16 Pejabat Eselon II Lingkungan Pemkot Bengkulu Ikuti Job Fit

16 Pejabat Eselon II Lingkungan Pemkot Bengkulu Ikuti Job Fit

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Sebanyak 16 orang pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengikuti job fit (uji kesesuaian).

Para pejabat tersebut pada saat ini menduduki posisi sebagai kepala dinas, kepala badan, kepala satuan, asisten, sekretaris dewan, dan staf ahli. Proses job fit ini telah mengantongi rekomendasi dari KASN dan Kemendagri.

Pj Walikota melalui Asisten I Kota Bengkulu Eko Agusrianto mengatakan, job fit merupakan bagian dari upaya Pemkot Bengkulu dalam menerapkan merit system. Harapannya setiap penempatan pegawai sesuai dengan karakteristik tugas dan kemampuan individu dalam melaksanakannya.

Menurutnya, merit system adalah kebijakan dan manajemen sumber daya manusia (SDM) aparatur negara yang berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar.

“Job fit ini sebagai dasar untuk evaluasi ataupun penyegaran pada OPD Pemkot Bengkulu ke depannya,” kata Eko, Kamis (18/4/2024).

Lebih lanjut, proses job fit sebagai bahan evaluasi yang nantinya menjadi pertimbangan dari hasil tim penilai yang disampaikan ke Pj Walikota

“Pak Wali ingin para pejabat punya komitmen kuat dalam menjalankan tugas yang diembannya sesuai dengan visi misi Kota Bengkulu. Tahapan ini juga untuk mengukur sejauh mana kinerja dalam melaksanakan amanat dari pimpinan daerah,” jelasnya.

Pada tahapan kali ini, Eko menjelaskan, para pejabat eselon II tersebut diminta menuliskan dan memaparkan beberapa hal tentang pemahaman mengenai jabatan yang diembannya. Hal itu untuk melihat potensi yang mungkin masih bisa berkembang.

Dengan dikirimkannya hasil job fit nanti ke Kemendagri, BKPSDM Kota Bengkulu diminta untuk berkoordinasi dan berkonsultasi. Sehingga jika sudah mendapatkan persetujuan, maka akan segera dilakukan rotasi atau mutasi jabatan. (BR1)