5 Komisioner KIP Terpilih, “Menanti SK dan Pelantikan  dari Gubernur”

Bengkulu, Beritarafflesia.com- Dari hasil seleksi Komisi Informasi Publik (KIP) Bengkulu dan telah ditetapkan lima nama peraih nilai tertinggi sekaligus menjadi Komisioner KIP Bengkulu periode mendatang. Salah satu peserta yang berhasil terpilih melalui tim seleksi komisioner KIP tersebut ‘Wilkanefi’.

Saat di konfirmasi Wilkanefi mengatakan atas keberhasilan dirinya menjadi komisioner KIP Provinsi tersebut telah melalui tahapan seleksi secara profesional.

“Jadi selama saya dan peserta lainnya mengikuti tahapan seleksi Komisioner KIP, dari awal hingga akhir berjalan dengan baik, dan sesuai dengan aturan mekanisme yang ada. Mulai dari tahapan pendaftaran hingga terpilih 15 besar, Tim Seleksi (Timsel) dari Dinas Kominfotik sudah melaksanakan tugas dengan baik secara profesional,” tandas Wilkanefi.

Begitu juga saat tahapan seleksi berlanjut ke Komisi I DPRD Provinsi, dimana pihak Komisi I melaksanakan tahap kelayakan dan kepatutan. Semuanya sudah berjalan sesuai regulasi yang ada. Dari15 calon KIP yang masuk ke DPRD untuk mengikuti tahap uji kepatutan dan kelayakan itu semuanya orang hebat serta sangat layak untuk jadi komisioner KIP.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada timsel yang telah melaksanakan proses seleksi dengan baik, dan harapan kami setelah dilantik nantinya dapat menjadi komisioner KIP, yang saling menguatkan sesuai tugas dan kewenangan berdasarkan Undang-Undang yang berlaku,” pungkas Wilkanefi

Dari hasil seleksi tersebut DPRD Provinsi Bengkulu akhirnya mengumumkan 5 besar Komisi Informasi Publik (KIP) Bengkulu terpilih yang menduduki jabatan komisoner KIP Bengkulu antara lain, Fraternesi dengan nilai 3.196,5, Nopriyadi dengan nilai 3.188, Wilkanifi mendapatkan nilai 3.167,5, Junaidi Arfian Kasip 3.165 dan Kresnawati mendapatkan nilai 3.164,5.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu Raharjo Sudiro, S. Sos mengatakan, dari lima nama yang telah mendapatkan penilaian tertinggi itu, akan disampaikan ke Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Pengumuman sudah kita lakukan dan segera kita sampaikan ke Pemprov,” terang Raharjo.

Dijelaskannya, dalam penilaian terhadap 15 besar nama calon KIP itu telah dilakukan secara cermat. Mulai dari pemahaman umum, etika dan kesopanan. Kemudian pengusahaan materi makalah dan visi misi sebagai Anggota KIP, semua diuji. Satu persatu calon, dilakukan fit and proper test di hadapan 9 orang ketua dan anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu.

“Satu persatu anggota Komisi I memberikan penilaian kepada semua calon,” tambahnya.

Pada proses penilaian, menurut Rajarjo yang akrab disapa Jojok itu, masing-masing Anggota Komisi I memberikan penilaian. Hasil penilaian yang diperoleh itu, dilakukan perengkingan. Dan hasilnya, 5 orang tersebut terpilih dengan nilai paling tinggi.

“Untuk diketahui, penilaian anggota dewan tidak saling tahu nilainya. Setelah dinilai semua, baru direngking, siapa yang paling besar nilainya. Sehingga bisa dapat 5 orang Komisioner KIP terpilih. Jadi sebelum direngking, kita anggota dewan pun tidak tahu siapa yang mendapatkan nilai paling besar,” beber Jojok.

Ia menambahkan, bagi 5 orang yang terpilih sebagai komisioner KIP tersebut, setelah dilantik nantinya, agar menjaga amanah, serta fungsi dan tugas KIP dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat, tegasnya.

Selain itu, dari 5 nama Komisioner KIP yang diserahkan ke Pemprov itu, nanti tinggal diterbitkan Surat Keputusan (SK) oleh Gubernur Bengkulu Prof. H. Rohidin Mersyah. Jika SK telah keluar, maka pelantikan akan dilakukan.

“Soal kapan pelantikan, tentu akan menyesuaikan dengan jadwal Pak Gubernur,” tandas Jojok. (BR1)