Kota Bengkulu Pemerintahan

Ambil Alih Pantai Panjang, Pemkot Langsung Sidak Sampah

BENGKULU, Beritarafflesia.com – Tak lama setelah mengumumkan akan bantu pengelolaan Kawasan Wisata Pantai Panjang, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu langsung gelar kebersihan sampah di kawasan tersebut, Kamis (16/1/2020).

Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi mengatakan, tindakan kebersihan tersebut merupakan salah satu prioritas Pemkot terutama di daerah kawasan wisata.

“Aksi bersih ini merupakan tindak lanjut setelah beberapa waktu lalu melakukan sidak ke beberapa pedagang kelapa muda. Dikawasan Pantai Panjang ini sampahnya berhamburan. Warga juga telah resah dengan adanya sampah yang berhamburan tersebut,” katanya.

Ia menjelaskan, hal tersebut terjadi lantaran masih ada pedagang kelapa yang bandel membuang batok kelapa disembarang tempat, seperti di pinggir jalan sebelah tempat sampah. “Sampah batok kelapa itu sudah menumpuk dan sangat mengganggu pemandangan,” tegasnya.

Kasi Penanganan sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Bengkulu Firjoni Aprianto, mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih ini merupakan bentuk dari keseriusan Pemkot Bengkulu dalam penataan kawasan pantai panjang.

“Kami dari DLH terus mengoptimalisasi sampah yang ada, untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal dalam hal kebersihan salah satunya kebersihan kawasan wisata Pantai Panjang ini,” ujarnya.

Selanjutnya, Firjoni mengatakan bahwa kegiatan seperti ini akan dijadikan sebagai kegiatan rutin. “Aksi bersih ini bukan baru pertama dilakukan, tetapi sudah sering bahkan bisa dikatakan rutin. Karena ini salah satu upaya agar kawasan pantai panjang menjadi indah dan bersih dan para pengunjungpun nyaman,”sampainya.

Dalam proses kegiatan kebersihan hari ini, pihak DLH mengirimkan 10 armada berisikan 150 petugas yang merangkup sebagai supir serta petugas kebersihan. “Mulai dari pasir putih hingga pantai berkas kita bersihkan semua,” ucapnya.

Ia juga mengimbau kepada para pedagang untuk menjalin kerjasama dengan pihak kebersiohan yang telah diusiapkan oleh pemerintah terkait kebersihan kawasan tersebut.

“Ini telah menjadi acuan dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tentang pengelolaan sampah dan nomor 5 tentang retribusi terhadap Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) kota Bengkulu,” jelas Firjoni.

Pemerintah juga mengimbau para pengunjung untuk menjaga kebersihan kawasan Pantai Panjang, demi menarik pengunjung kawasan wisata tersebut.

“InsyaAllah permasalahan sampah akan teratasi dalam waktu dekat. Kami menargetkan dua minggu kawasan pantai panjang bersih dan menjadi nyaman untuk dikunjungi, serta pengelolaan sampah kedepannya akan rutin dilakukan,” pungkas Firjoni. (Cecep)

 

Share this:

Related posts

Sekda Provinsi Bengkulu Hadiri Kegiatan Ceramah Agama Oleh Ustad Gus Miftah

Berita rafflesia

Dewan Pers Sampaikan Ke Jurnalis Agar tetap Perhatikan APD Saat Peliputan Terkait Covid-19

Berita rafflesia

Tipu Korban Dengan Tawaran Proyek, Seorang Kontraktor Ditangkap Polisi

Berita rafflesia

Leave a Comment