Hukum Seluma

‘AMBO’ Tuntut Polda Bengkulu Kembangkan Potensi Tersangka Kasus Korupsi DPRD Seluma

BENGKULU,  Beritarafflesia.com – Pihak berwajib telah menetapkan dua tersangka, F dan S atas kasus korupsi di lingkungan Sekretariat DPRD Seluma. Keduanya, yang menjabta sebagai bendahara dan PPTK  diduga menggelapkan uang APBD sebanyak Rp 900 juta.

Kasus penggelapan ini bermula ketika dalam hasil audit BPK RI tahun 2017  ditemukan anggaran biaya perbaikan suku cadang Kendaraan Dinas senilai Rp 436 juta dan belanja BBM sebesar Rp 1,2 miliar untuk 12 unit mobil dinas di lingkungan Sekretariat DPRD Seluma tahun 2017 yang diduga fiktif karena tanpa disertai laporan pertanggungjawaban.

Penetapan kedua tersangka tersebut menimbulkan protes dari masyarakat. Organisasi media online provinsi Bengkulu yang tergabung dalam Anggota Media Bengkulu Online (AMBO), menuntut Polda Bengkulu untuk mengembangkan potensi tersangka dalam dugaan kasus korupsi tersebut.

“Kasus seperti ini sudah sering terjadi, banyak staf dan bendahara menjadi korban tekanan dari atasan. Modus korupsi biasanya selalu dilakukan bersama-sama karena tidak mungkin uang negara bisa dicairkan tanpa peran pihak-pihak yang terkait sesuai dengan tugas dan fungsinya,” jelas Aurego Jaya, Ketua AMBO Bengkulu.

Puluhan orang telah diperiksa oleh penyidik Polda Bengkulu termasuk Sekda Seluma Irihadi dan Sekwan DPRD Seluma Edy Soepryadi. Namun, hanya dua pejabat tersebut yang dutetapkan sebagai tersangka.

“Kalau uang itu dicairkan terus uang itu dikemanakan ? Siapa saja yang menikmati ? Diatas PPTK itu ada Pengguna Anggaran, ada Sekwan, ada juga Kabid dan lain-lain. Seandainya belanjanya fiktif harusnya pejabat diatasnya tahu, kenapa diam?  Saya melihat kedua tersangka itu hanya bagian dari keseluruhan pelaku,” tanyanya lagi.

Dikabarkan, kedua tersangka sudah mengembalikan dugaan kerugian negara sebesar Rp 727  juta. (Cecep)

Share this:

Related posts

Mantan Kades Suka Merindu Di Bui Tersandung Kasus Dana Desa

Berita rafflesia

Tak Netral, 12 Oknum Panwascam Sukaraja Diperiksa Bawaslu Seluma

Berita rafflesia

Dua Pelaku Penimbunan BBM Dibekuk Polisi

Berita rafflesia

Leave a Comment