Kota Bengkulu Pemerintahan

Antisipasi Pasien Covid-19 Meningkat, Pemprov Siapkan 3 Rs Dan Mes Pemda

Provinsi Bengkulu, Beritarafflesia.com- Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Bengkulu telah menyiapkan tiga rumah sakit dan Mes Pemda untuk merawat warga daerah ini yang terjangkit virus corona atau Covid-19. Rumah sakit ini dipersiapkan Guna antisipasi jika lonjakan warga Bengkulu terjangkit meningkat.

” Kita sudah menyiapkan tiga rumah sakit dan Mes Pemda untuk merawat pasien virus corona. Pemprov Bengkulu juga telah menyiapkan sejumah dokter dan perawat,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu, Herwan Antoni di Bengkulu, pada Selasa (24/03/2020).

Dijelaskan oleh Herwan, tiga rumah sakit umum yang disiapkan Pemprov Bengkulu untuk melayani pasien virus corona yakni Rumah Sakit Umum (RSU) Mukomuko, RS Bhayangkara, serta RSU Harapan dan Doa Kota Bengkulu.

Sebelumnya Pemprov Bengkulu juga sudah menunjuk tiga rumah sakit rujukan bagi pasien virus corona, yakni RSUD M Yunus Bengkulu, RSUD Arga Makmur di Bengkulu Utara, dan RSUD Damrah Hasanuddin Manna di Bengkulu Selatan.

Sedangkan Mes Pemda berada di Kota Bengkulu. Tiga RSUD dan Mes Pemda dapat menampung sekitar 1.000 orang pasien yang terjangkit wabah virus corona.

“Jadi, kita sudah siap mengantisipasi pasien terjangkit virus corona di di Bengkulu meski sampai saat kita bersyukur belum ada warga daerah yang positif terjangkit virus ini,” ujarnya.

Herwan menambahkan masing- masing rumah sakit akan dilengkapi alat ventilator untuk merawat pasien Covid-19 tersebut. “Kita membeli sebanyak 25 unit ventilator guna persiapan menghadapi bila terjadi lonjakaan paaien virus corona di daerah ini,’ ujarnya.

Dinkes Bengkulu juga mengajukan permitaan 400 alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani pasien virus corona dan juga sudah memesan ribuan masker untuk dibagikan masyarakat yang membutuhkan.

“Sekarang kita masih menunggu bantuan alat Rapid Test dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) untuk mengecek kesehatan warga yang berpotensi terjangkir virus corona. Jika dari hasil tes mereka sakit mengarah ke terjangkit virus corona maka yang bersangkutan langsung kita tangani sesuai SOP yang sudah ditentukan,” ujarnya.(Wiro)

Share

Related posts

Rohidin Mersyah : Penyampaian LHP Semester 1 Tahun 2021 Penting untuk Evaluasi Kinerja

Berita rafflesia

Ustad Asal Pekanbaru ini Terkesan dengan Program Pemerintah Kota Bengkulu

Berita rafflesia

Bupati Erwin Hadiri Pelantikan Pengurus KAHMI Seluma Periode 2021-2026

Berita rafflesia

Leave a Comment