Provinsi Bengkulu

Bapas Bengkulu Ikuti Webinar Serentak Dengan Tema PoTEnsi untuk Pemasyarakatan Pasti Maju

Bapas kelas II Bengkulu mengikuti Webinar dengan Tema PoTEnSi (Pokmas Lipas Tanggap, Energik dan Sinergi) untuk Pemasyarakatan Lebih Pasti yang digelar secara serentak melalui zoom meeting dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitong, Kamis (15/4/2021).

 

Bengkulu,Beritarafflesia.com- Balai Pemasyarakatan (Bapas) kelas II Bengkulu mengikuti Webinar dengan Tema PoTEnSi (Pokmas Lipas Tanggap, Energik dan Sinergi) untuk Pemasyarakatan Lebih Pasti yang digelar secara serentak melalui zoom meeting dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitong, Kamis (15/4/2021).

Webinar ini dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Bengkulu Ika Yusanti yang mana juga bertindak sebagai narasumber. Dalam hal ini ia menyampaikan bahwa Pokmas Lipas saat ini menjadi prioritas nasional.

Balai Pemasyarakatan (Bapas) kelas II Bengkulu saat melaksanakanĀ  Webinar dengan Tema PoTEnSi PokmasĀ 

“Kedepannya, pemberdayaan Pokmas Lipas harus terus dikembangkan berdasarkan peran-perannya. Pokmas bukan hanya terkait dengan Bapas, tapi ada pula keterkaitannya dengan Lapas dan Rutan,” sampainya.

“Pokmas Lipas dan Peran serta stake holder merupakan kebijakan strategis Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dalam meningkatkan Peran serta masyarakat dalam mewujudkan tujuan sistem Pemasyarakatan,” tambahnya.

Selain itu, narasumber dari Pokmas bidang Hukum yakni Yayasan Kantong Informasi Pemberdayaan Kesehatan Adiksi (KIPAS) menjelaskan mengenai Pelaksanaan asimilasi berdasarkan Permen 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tatacara Pemberian Asimilasi, PB, CB dan CMB bagi Narapidana dan Anak.

Balai Pemasyarakatan (Bapas) kelas II Bengkulu mengikuti Webinar dengan Tema PoTEnSi (Pokmas Lipas Tanggap, Energik dan Sinergi)Ā  yang dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitong, Kamis (15/4/2021).

 

Disisi lain, narasumber dari Pokmas bidang Ekonomi Eddyson Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kota Bengkulu menjelaskan strategi pengembangan UMKM bagi Klien atau Mantan Narapidana serta keterlibatan stakeholder untuk memberikan dukungan kepada pelaku UMKM.

“Untuk merintis suatu usaha dan mengembngkannya kita perlu tahu bagaimana Peran UMKM bagi perekonomian, meningkatkan peluang kerja, mendorong perekonomian lebih merata, mendorong perekonomian dalam periode sulit, serta memenuhi kebutuhan secara tepat sasaran,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Efedri Damri Akbar Pinau Guntung dari bidang Kemandirian bahwa mulailah sesuatu dari yang sederhana dengan niat yang baik agar dapat mandiri tanpa tergantung pada orang lain atau bantuan pemerintah secara terus menerus.

Ia jugaĀ  memberikan saran-saran dan memberi dukungan kepada masyarakat atau peserta itu sendiri untuk memotivasi dirinya

Ā  Ā  Ā  Ā  Ā  Ā Balai Pemasyarakatan (Bapas) kelas II Bengkulu saat mengikutiĀ  kegiatan WebinarĀ 

“saya juga akan berikan dukungan nyata berupa kesempatan langsung kepada Klien Pemasyarakatan yang mau belajar dan bekerja serta siap berkolaborasi dengan Balai Pemasyarakatan Bengkulu, karena kita manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain,” katanya.

Dalam hal ini Kepala Bapas Bengkulu Resman Hanafi berharap dengan adanya Webinar Pokmas Lipas ini dapat meningkatan kapasitas diri klien dalam bidang hukum, serta menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

“Optimalisasi peran Pokmas Lipas pada kegiatan ini adalah gambaran komitmen dan sinergitas bersama untuk memberikan kerja nyata dalam mewujudkan tujuan pemasyarakatan seutuhnya,” pungkasnya( BR)

 

Share

Related posts

Sujono Anggota DPRD Provinsi, Mintak Pemprov Awasi Jalur Distribusi Gas 3Kg

Berita rafflesia

Tim Penggerak PKK Prov Bengkulu Gelar Lomba Kreasi Kue Tradisional Bay Tat

Berita Rafflesia

Rakorda Daring, Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Instruksikan Laksanakan 7 Prioritas Proker 2021-2024

Berita rafflesia

Leave a Comment