Daerah Kota Bengkulu

Bengkulu Bikin Aplikasi e-Ngadu, KPK Ingatkan Jaga Kerahasiaan Pelapor

Kota Bengkulu, Beritarafflesia.com- Pemprov Bengkulu meluncurkan aplikasi e-Ngadu atau e-Dumas untuk mempermudah warga melaporkan dugaan korupsi di instansi pemerintah yang ada di Bengkulu. KPK, yang turut hadir dalam peluncuran aplikasi ini, mengingatkan pentingnya kerahasiaan pelapor.

“Identitas pelapor juga harus jelas tapi akan dirahasiakan,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Balai Semarak, Bengkulu, Selasa (7/7/2020).

Dia mengatakan pelapor tidak boleh dikenai sanksi bila laporannya tidak terbukti. Menurutnya, masyarakat berhak melaporkan dan pembuktian merupakan tugas aparat penegak hukum.

“Tidak ada sanksi bagi pelapor meskipun laporannya tidak terbukti. Itu menjadi tugas dari APH untuk membuktikan. Pelapor hanya menyampaikan apa yang dia ketahui, yang dia lihat, yang dia rasakan. Kita juga harus berikan apresiasi kepada pelapor apabila laporannya terbukti,” ujarnya.

Alexander mengatakan sebenarnya ada aturan soal insentif bagi para pelapor kasus dugaan korupsi yang kemudian terbukti lewat proses pengadilan. Namun, katanya, jumlah insentif tersebut terlalu kecil sehingga harus direvisi.

“Sangat kecil memang, ini perlu direvisi menurut saya. Rasanya perlu ditingkatkan. Paling tidak misalnya 5 persen dari kerugian negara. Bagi kami jauh lebih baik negara memberikan insentif Rp 50 juta kepada pelapor daripada kehilangan uang Rp 1 miliar akibat dikorupsi,” ujar Alexander.

Plt Inspektur Pemkot Bengkulu Sahudin mengaku pihaknya akan berkoordinasi dengan KPK dan Pemprov untuk memanfaatkan e-Ngadu. Dia berjanji Pemkot Bengkulu bakal menindaklanjuti semua laporan yang disampaikan.

“Pertama kami akan segera koordinasi dengan KPK dan Inspektorat provinsi. Nanti kita juga bisa menggunakan aplikasi ini. Sekecil apapun pengaduan pasti kami tindaklanjuti. e-Ngadu ini bagus di mana identitas pelapor dirahasiakan. Kita harapkan juga ASN yang mengetahui ada tindak pidana korupsi di tempat kerjanya segera dilaporkan melalui aplikasi ini,” ujar Sahudin.(***)

Share

Related posts

Perihal Aspirasi Honorer K2 Bengkulu Gubernur Rohdin Akan Surati Presiden

Berita rafflesia

Dinas PUPR Kota Monitoring Progres Peningkatan Prasarana dan Sarana Dasar

Berita rafflesia

Pengurusan Disdukcapil cukup menghubungi kontak WhatsApp yang disediakan

Berita rafflesia

Leave a Comment