Pemerintahan Provinsi Bengkulu

BPK Serahkan Hasil Temuan Laporan Hasil Temuan BMBJ Ke Provinsi dan Tiga Kabupaten

BENGKULU, Beritarafflesia.com – Senin (20/01/2020), Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Belanja Modal dan Barang Jasa (BMBJ) tahun anggaran 2019 telah diserahkan kembali oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Bengkulu pada pemerintah Provinsi Bengkulu, Kabupaten Lebong, Mukomuko dan Seluma.

Hasil LHP tersebut diserahkan oleh Kepala BPK Bengkulu, Aryo Seto ke kepala dari masing-masing daerah. Aryo Seto menjelaskan bahwa saat ini peran BPK telah menjadi auditor lembaga pemerintah maupun lembaga eksternal dinamis.

“Saat ini kita menguji dan menilai pemerintah dalam pengadaan barang jasa agar sesuai ketentuan yang berlaku terhadap hal tersebut. Acuannya adalah Permendagri nomor 13 Tahun 2006 dan perubahannya. Dan Perpres  nomor 16 Tahun 2018. Pun kontruksi,” papar Aryo.

Pemeriksaan tersebut memakan waktu selama 35 hari, dimulai sejak 14 November 2019. Hasilnya, BPK menemukan beberapa temuan signifikan dari beberapa pengadaan paket.

Pertama yakni terkait ketidaksesuaian pemesanan barang berdasarkan pengaturan. “Permasalahan yang ditemui adalah paket tidak sesuai spesifikasi atau volume. Kemudian kelebihan pembayaran, perhitungan melalui spesifikasi umum 2018 pekerjaan infrastruktur dalam pengelolaan pengadaan,” jelas Aryo Seto.

Selanjutnya, masalah yang ditemukan oleh pihak BPK juga terkait beberapa langkah ketika pengeksekusian kontrak, yakni jaminan pembangunan, serta denda keterlambatan atas paket yang belum selesai, pengadaan irigasi, gedung, jalan tidak sesuai kontrak.

Aryo Seto berharap pemerintah dapat segera melaporkan hasil tindaklanjut temuan agar segera disampaikan ke BPK untuk dapat ditindak lanjuti.

“Selanjutnya, kami harapkan tindaklanjut penjelasan dari hasil pemeriksaan yang kami serahkan, paling lambat selama 60 hari kedepan,” pungkas Aryo Seto. (**)

 

Share this:

Related posts

Pemprov Bengkulu Mendukung Peluang Usaha Budidaya Ikan Hias

Berita rafflesia

Najmatuzzahrah Resmi Jabat Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu

Berita rafflesia

Bangga Jadi Pensiunan Peternakan, Gubernur Rohidin Mengaku Banyak Kenangan Indah dalam Meniti Karier

Berita rafflesia

Leave a Comment