Provinsi Bengkulu

BPTP Bengkulu Gelar Bimtek Strategi Publikasi Jurnal Internasional

Bengkulu, Beritarafflesia.com- Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu menyelenggarakan Bimbingan Teknis Virtual Strategi Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi pada Sabtu (29/01/2021).

Kegiatan itu tidak hanya diikuti oleh peneliti dan penyuluh BPTP Bengkulu, tetapi juga diikuti oleh peserta dari instansi lain lingkup Kementerian Pertanian. Bimtek juga menghadirkan narasumber dari Universitas Bengkulu yakni Guru Besar Fakultas Pertanian UNIB Prof. Ir. Nanik Setyowati, M.Sc., Ph.D.

Kepala BPTP Bengkulu, Dr. Yudi Sastro, SP, MP dalam sambutannya menyampaian bahwa saat ini aturan jabatan fungsional peneliti semakin berat.

“Tantangan dihadapi oleh peneliti dalam memenuhi  Hasil Kerja Minimal semakin berat, salah satunya yakni mempublikasikan Karya Tulis Ilmiah (KTI) pada jurnal internasional bereputasi”, kata Yudi.

“Sharing pengalaman bagaimana menghasilkan publikasi bereputasi dan pengalaman ibu narasumber sangat penting’, imbuhnya.

Disisi lain Profesor Nanik Setyowati dalam pemaparannya menyampaikan bahwa aturan publikasi yang semakin ketat bagi peneliti merupakan bagian dari perkembangan ilmu dan pengetahuan sehingga harus diikuti.

“Kita akan sharing strategi, namun komponen keberhasilan publikasi ada di tangan bapak dan ibu semua”, papar Nanik.

Salah satu peserta Bimtek, Sutardi dari BPTP Yogyakarta mengapresiasi penyelenggaraan Bimtek ini.

“Bagus Sekali ini Bimtek BPTP Bengkulu, semoga Kepala Balai di Semua BPTP Respon terhadap BIMTEK dan tindak lanjut untuk penyelamatan HKM peneliti”, kata Sutardi.

Peserta yang hadir pada Bimtek Virtual sebanyak 93 orang yang berasal dari BPTP Balitbangtan Bengkulu, BPTP Lingkup Balitbangtan, Universitas Pat Petulai Rejang Lebong, Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dan ada juga dari kalangan mahasiswa. (bengkulu.litbang.pertanian.go.id)

 

Related posts

Seleksi Penerimaan Bintara Polri Provinsi Bengkulu Memasuki Tahap Tes Psikologi

Berita rafflesia

Dijajaran Polda Bengkulu, Kapolda Teguh Sarwono Jadi Orang Perdana Yang Disuntik Vaksin

Berita rafflesia

Gubernur Rohidin Lakukan Trobosan Dorong UMKM, Dan Ajak Masyarakat Promosi Produk Daerah

Berita rafflesia

Leave a Comment