Buku ‘Bengkulu Hebat’, Karya ke-10 Gubernur Rohidin

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah resmi launching buku ‘Bengkulu Hebat’ yang digelar di Kantor Graha Pena RBTV Bengkulu pada Sabtu, (18/11/2023).

Buku ‘Bengkulu Hebat’ yang ditulis Gubernur Rohidin tersebut merupakan buku karya tulisnya yang ke-10 sejak zaman mahasiswa dahulu.

Dalam buku ‘Bengkulu Hebat’ tersebut, dibahas berbagai keunggulan budaya seperti salah satunya kain besurek yàng ada di Bengkulu serta letak wilayah Bengkulu yang strategis sejak era zaman penjajahan Inggris.

Selain itu, dalam buku ‘Bengkulu Hebat’ ini juga membahas tokoh -tokoh yang ada di Bengkulu serta pendefinisian arti dari orang Bengkulu yang berkaitan dengañ lahirnya di Bengkulu, memiliki hubungan pernikahan dengan orang Bengkulu serta orang yang pernah bertugas di Bengkulu yang memiliki peran bersama membangun Provinsi Bengkulu.

Dikatakan Gubernur Rohidin Mersyah, proses pembuatan buku ‘Bengkulu Hebat’ ini sudah dilakukan sejak 1 tahun yang lalu dengan membuat outlinenya terlebih dahulu, tentang temanya, kerangka pemikirnya, serta kerangka tulisannya.

“Setahun yang lalu saya mulai membuat outlinenya, tentang teman, kerangka pemikiran, kerangka tulisanya dan alhamdulillah buku itu selesai di tahun kemarin (2022) dan sudah lama mau dicetak dan baru selesai dicetak di akhir tahun 2023,” kisah Gubernur Rohidin.

Lebih jauh, gubernur mengungkapkan, awal mula dirinya tertarik membuat tulisan tentang Bengkulu terjadi sejak zaman kuliah dahulu yang didasari dari pertemuan Senat seluruh Indonesia sejak zaman  mahasiswa.

Karenanya, Gubernur Rohidin berpikir, Provinsi Bengkulu memiliki keunggulan dari provinsi lain yang harus dibuat dalam tulisan pemikiran sehingga dapat meningkatkan pengetahuan tentang Provinsi Bengkulu.

“Sebenarnya saya mulai tergugah sejak mahasìswa, sejak jadi Ketua Senat pertemuan seluruh senat se Indonesia ternyata daerah saya punya keunggulan. Saya bandingkan dengan daerah lain saya melihat benteng Marlborough saya bandingkan dengan benteng di Jogja kayaknya lebih bagus di Bengkulu termasuk alamnya, kayaknya lebih bagus Bengkulu, terus saya terpikir untuk diangkat dalam bentuk tulisan yang harus di pertanggung jawabkan,” tambah gubernur.

Di sisi lain, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu Meri Sasdi menambahkan, buku ‘Bengkulu Hebat’ hari ini sudah bisa diakses di Perpustakaan Provinsi Bengkulu.

“Hari ini sudah bisa kalau masyarakat Bengkulu mau membaca buku Bengkulu Hebat langsung ke Perpusda Provinsi Bengkulu,” tutup Meri Sasdi.(BR1)adv