advertorial Bengkulu Utara

Bupati Mian Hadiri Pelatihan Pemandu Wisata BU, Sampaikan Ke Dinas Pariwisata Agar Kembangkan Wisata Desa

Bengkulu Utara, Beritarafflesia.com- Wisata Palak Siring dan air terjun kemumu merupakan potensi wisata paling diandalkan di Bengkulu Utara.Tahun 2017-2019, Dinas Pariwisata  dituntut untuk lebih meningkatkan lagi pembinaannya dalam pengembangan wisata di desa-desa terutama yang telah ditetapkan menjadi desa wisata maupun yang baru terbentuk.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Bengkulu Utara H. Ir mian kepada dinas terkait saat acara pelatihan pemandu wisata Bengkulu Utara,Selasa (10/03/2020).

Bupati juga menyampaikan, saat ini banyak desa-desa di Bengkulu Utara yang sangat potensial dan masyarakatnya sangat antusias untuk mengembangkan wisatanya, namun untuk pengembangannya diperlukan pembinaan dari perangkat daerah yang membidanginya.

“Jadi saya mohon kepada OPD terkait untuk bisa melakukan pembinaan,”ujar Mian.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara, Kardo siap mengemban amanat dari Bupati Mian. Pihaknya siap mendukung setiap desa yang memiliki destinasi wisata.

“Tentu kami mendukung, Bengkulu Utara banyak desa-desa yang memiliki daya tarik alamnya,” ucapnya.

Dia menyebutkan,di bengkulu Utara banyak sekali menyimpan potensi alam dan budaya masyarakatnya, namun juga harus ada kerjasama dengan pihak lainnya seperti perhutani.

“Di mana kearifan lokal masyarakatnya masih melekat terhadap budayanya, ditambah lagi memiliki air terjun, namun kami juga harus memikirkan akses menuju tempatnya,” jelas kardo.

Lanjutnya, ditahun ini dinas Pariwisata Bengkulu Utara memiliki program sosialisasi wisata untuk desa terhadap pengelola Badan usaha milik desa  (BUMDes) serta sosialisasi terhadap masarakat desa untuk diberikan pemahaman dan pembekalan sebelum membangun wisata desa.

“Tujuan kegiatan sosialisasi dan pembinaan terhadap Aparatur Pemerintahan Desa, BPD, Pengelola BUMDes serta karang taruna ini, agar adanya peningkatan kapasitas SDM yang handal dan bermutu demi tercapainya visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Utara,” demikian kardo.Adv (Suliswan)

Share this:

Related posts

Pemkab Seluma Gelar Rakornis Tmmd Ke-110 Tahun Anggaran 2021

Berita rafflesia

Wali Kota Bengkulu Terus Lakukan MoU Religi Ke Seluruh Pejabat Di Indonesia

Berita rafflesia

Bupati Mian Ajak Dinkes Bersama TNI Maksimalkan Vaksinasi Covid-19

Berita rafflesia

Leave a Comment