Sumbar  

Bupati Seluma Erwin Octavian,SE, Tahun 2024 Akan ada Bantuan Pemasangan Listrik Gratis di Rumah Warga

Seluma,Beritarafflesia.Com- Bupati Seluma Erwin Octavian, SE mengungkapkan tahun ini akan ada bantuan pemasangan listrik gratis di rumah warga. Hal ini menurut bupati adalah upaya pemerintah daerah untuk turut hadir membantu masyarakat yang kurang mampu. 

“Untuk listrik gratis progresnya terus berjalan. Kita sudah koordinasi dengan PLN terkait dengan rencana kita ini. Dan kalau tidak ada halangan hari ini (kemarin) kita akan kembali koordinasi dengan PLN,” kata Bupati Seluma, kemarin (10/1).

Bupati menyampaikan bahwa melalui program ini nanti ada ribuan masyarakat yang akan mendapatkan program pemasangan listrik gratis. Oleh karena itu bupati berharap agar bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. “Insya Allah nanti ribuan rumah yang akan teraliri listrik gratis,” sambung bupati. 

Disampaikan bupati jumlah masyarakat yang belum memasang listrik di Kabupaten Seluma terbilang banyak. Pada dasarnya mereka bukan tanpa penerangan namun banyak yang memilih untuk estafet. 

“Data yang disampaikan ke kita, di Kabupaten Seluma ini ada sekitar 50.000 rumah keseluruhan. Dan dari jumlah tersebut ada 10 persen yang belum memiliki listrik sekitar 5.000 rumah lagi,” jelasnya.

Tidak hanya sampai di situ, pemasangan listrik gratis di rumah warga yang kurang mampu ini akan terus diupayakan oleh bupati. Sehingga tidak ada lagi rumah warga Kabupaten Seluma yang tidak memiliki listrik. “Banyak yang tidak memasang listrik secara mandiri. Terkadang mereka estafet dari rumah ke rumah. Kalau tidak salah itu biayanya Rp1,2 juta untuk pemasangan listrik. Inilah yang akan kita upayakan bagaimana masyarakat dapat mendapatkan fasilitas listrik yang memadai,” tuturnya.

Selain untuk membantu masyarakat yang kurang mampu pemasangan listrik gratis ini juga akan ada timbal balik atau feedback dalam bentuk Pajak Penerangan Jalan (PPJ) yang ditarik oleh PLN dan dibayarkan ke pemerintah daerah sehingga menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Seluma Erlan Suadi mengungkapkan bahwa benar pada tahun 2024 nanti akan ada program pemasangan listrik gratis.

 “Jadi dalam hal ini bapak bupati melalui kami Dinas Perkim Hub. Ada program baru yang kaitannya bantuannya untuk masyarakat miskin. Yang belum mempunyai jaringan PLN.  Indeks elektrifikasi di Kabupaten Seluma yang saat ini, masih di angka 90 persen  artinya dari 52.000 unit rumah ada 5.000 yang belum ada listrik,” urainya. 

Untuk lokasi rumah yang masih banyak belum memasang listrik menurut Erlan tersebar di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Seluma.(BR1)