advertorial Bengkulu Selatan

Ciptakan Masyarakat Tertib Administrasi Kependudukan, Camat Pino Raya Gelar Sosialisasi

Bengkulu Selatan, beritarafflesia.com- Dalam rangka percepatan terwujudnya tertib administrasi kependudukan perlu dilaksanakan sinkronisasi dan persamaan pemahaman terkait administrasi kependudukan itu sendiri. Berbagai pihak yang terkait, sangat diperlukan pemahaman peran dan fungsi masing-masing dalam berbagai tingkatan penyelenggaraan administrasi kependudukan.

Seperti yang dilasksanakan kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan Sosialisasi dan sinkronisasi penyelenggaraan administrasi kependudukan dengan peserta aparatur kecamatan yang secara langsung berhubungan dengan penyelenggaraan administrasi kependudukan di kecamatan. Rabu (30/09/2020).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gunaidi selaku kepala dinas dukcapil berserta rombongan, Camat Pino Raya Hendri Farizal. SE, Kapala desa se-Kecamatan Pino Raya serta masyarakat khusus.

Camat Pino Raya Hendri Farizal dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peran aparatur kecamatan dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan sesuai dengan kewenangan yang sudah dilimpahkan.

“Pemerintah secara kelembagaan sangat berkaitan erat dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan. Beberapa kewenangan sudah dilimpahkan kepada kecamatan sehingga peran aparatur kecamatan sangat penting dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan di tingkat kecamatan.,” jelasnya.

Dengan demikian, Lanjutnya peningkatan dan persamaan pemahaman terkait dengan penyelenggaraan administrasi kependudukan kepada aparatur kecamatan terus senantiasa dilaksanakan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkulu Selatan Gunaidi menyampaikan upaya pemerintah dalam pelayanan administrasi kependudukan harus didukung adanya kesadaran masyarakat.

Menurutnya, berbagai inovasi yang dilakukan terkait pelayanan administrasi kependudukan tidak akan maksimal jika tidak diimbangi kesadaran warga.

“Karena itu, kita mengajak masyarakat untuk selalu melaporkan setiap perubahan data kependudukan di dinas dukcapil setempat. Baik itu perubahan gelar pendidikan sekalipun harus terdata di Dukcapil, sehingga tercatat di database,” ujarnya,

Sehingga ia mengharapkan nantinya jangan sampai ketika ada pencarian data tentang kualitas sumber daya manusia di Bengkulu Selatan menjadi sulit.

“Misalnya terkait Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Bengkulu Selatan, daerah bersangkutan malah dirugikan dengan data yang tidak berlaku,” tuturnya. (Adv/Yanto)

Share this:

Related posts

DPRD BS, Rapat Paripurna Penyampaian Hasil Reses Dari Setiap Dapil

Berita rafflesia

Ketua DPRD Kepahiang Tinjau Kerusakan Jalan, Windra: Sebelumnya Telah Diperbaiki

Berita rafflesia

Pemkab Lebong Menyerahkan Santunan Korban Kecelakaan Kerja

Berita rafflesia

Leave a Comment