Bengkulu Utara Pemerintahan

Cita-Cita Besar: Perbibitan Kambing Boerka di Provinsi Bengkulu

Bengkulu, Beritarafflesia.com- Kepala Lolit Kambing Potong, Dr. Ir. Fera Mahmilia, MP dan Tim didampingi BPTP Balitbangtan Bengkulu melakukan kunjungan dan melihat langsung potensi pengembangan kambing Boerka di lokasi Kebun Aneka Tanaman Terintegrasi Ternak (AT3) yang dikelola oleh Bapak Widiatmoko yang berlokasi di Desa Air Tenang, Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara, Sabtu-Minggu (24-25/10).

Kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu, Dr. Yudi Sastro, SP., MP menjelaskan, kunjungan Kepala Lolit Kapo ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan kerjasama pemeliharaan Kambing Boerka antara BPTP Balitbangtan Bengkulu dengan Pengelola Kebun Aneka Tanaman Terintegrasi Ternak (AT3) yang dilakukan oleh BPTP Balitbangtan satu bulan yang lalu (29/9). “Kerjasama ini merupakan inisiasi untuk mencapai cita-cita besar mewujudkan Pengembangan Kambing Boerka di Provinsi Bengkulu dengan memanfaatkan potensi pakan yang berlimpah di Kebun AT3 di Kabupaten Bengkulu Utara”. Kata Yudi.

Sebelum melakukan kunjungan lapangan, Kepala Lolit Kapo berkesempatan berkunjung ke BPTP Balitbangtan Bengkulu untuk berdiskusi dengan Kepala BPTP Bengkulu dan Tim membahas rencana perbibitan Kambing Boerka yang menjadi program unggulan Lolit Kapo tahun 2021. Kepada Kepala Lolit Kapo, Yudi mengungkapkan adanya harapan besar dari Pengelola Kebun AT3 dan BPTP Bengkulu, program perbibitan Kambing Boerka ini dapat dilaksanakan di Kebun AT3 Kabupaten Bengkulu Utara. “BPTP Bengkulu siap mengawal dan mendampingi program ini”. Tegasnya.

Pesona integrasi Kambing Boerka di tengah Aracis dan tanaman sawit ini membuat Kepala Loka Penelitian Kambing Potong, Badan Litbang Pertanian yang berlokasi di Sungai Putih, Deli Serdang, Sumatera Utara ini penasaran ingin melihat langsung lokasi kebun yang berlokasi di Desa Air Tenang, Kecamatan Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara.

Kebun arachis yang terhampar di antara 10 ha lahan sawit dan 4 ha kebun jeruk dari total luas lahan 125 ha yang dikelola oleh Kebun AT3 ini menjadi potensi besar mengatasi permasalahan pakan hijuan ternak Kambing Boerka.

Saat ini, baru tersedia sebanyak 5 ekor Kambing Boerka Jantan dari Lolit Kapo dan 2 ekor Kambing Boerka Betina dari BPTP Bengkulu yang siap menginisiasi pengembangan Kambing Boerka di Kebun AT3, Bengkulu Utara. Dan 80 ekor betina kambing kacang menjadi modal untuk pengembangan Kambing Boerka secara bertahap.

Melihat langsung hamparan arachis yang terintegrasi tanaman sawit dan jeruk, Kepala Lolit Kapo mengungkapkan bahwa hamparan lokasi ini memiliki potensi besar untuk perbibitan dan pengembangan Kambing Boerka. Tahun 2021, Loka Penelitian Kambing Potong memiliki program Perbibitan Kambing Boerka yang rencananya akan ditempatkan di tiga lokasi, dua diantaranya Sumatera Utara dan Nusa Tenggara Barat.

Kunjungan lapang Tim Lolit Kambing Potong ini juga diapresiasi oleh Kepala Dinas Pertanian Kab Bengkulu Utara, Kuasa Barus, S.Pt yang turut mendampingi kunjungan bersama PPL wilayah Kec. Uluk Kupai. Kadis Pertanian berharap kedepannya lokasi ini bisa dijadikan pusat pembelajaran bagi petani walaupun saat ini belum layak dan secara bertahap kita akan kawal proses ini. Dan yang lebih penting lagi, Kuasa Barus sangat berharap kepada BPTP agar secara intensif melakukan pendampingan dari aspek teknis dan inovasi teknologi spesifik lokasi yang dibutuhkan petani.

Share this:

Related posts

Plt walikota Bengkulu Sambut Kunker Plt Bupati Musi Rawas

Berita rafflesia

Makin Marak, Dinsos Akan Terus Tertibkan Gepeng dan Manusia Silver

Berita rafflesia

Bupati MM Ajukaan Keringanan Angsuran Kepada 5 Bank Terkait Dampak Covid-19

Berita rafflesia

Leave a Comment