Bengkulu

Curah Hujan Lebat, Pemkot Bengkulu Himbau Masyarakat Waspada Banjir Susulan

Hujan Seharian Dengan Intensitas Cukup Tinggi, Mennyebabkan Dibeberapa Wilayah Yang Ada Di Kota Bengkulu, Mengalami Banjir Hingga Sepaha Orang Dewasa

Beritarafflesia.com – Melalui perangkat Kelurahan, Pemkot mengimbau masyarakat yang tinggal di bantaran sungai untuk selalu waspada terhadap banjir kiriman yang sewaktu-waktu bisa datang.

Seperti yang terjadi di Kelurahan Rawa Makmur, Lurah menghimbau masyarakat untuk selalu siaga, karena melihat kondisi air sungai kian meninggi dan ditakutkan akan ada banjir susulan.

“Ya, masalah kita tiap tahun ya banjir ini. Entah itu dari curah hujan yang tinggi atau kiriman dari gunung. Apalagi letak kita ini dekat dengan muara. Dan untuk hari ini, air mulai naik, tetapi tidak begitu cepat. Sementara yang kita takutkan ialah banjir kiriman secara tiba-tiba,” ungkap Lurah Rawa Makmur, Desmi Wirawan, Kamis (30/06/22).

Untuk mewaspadai banjir kiriman, Kelurahan rawa makmur telah menegakkan posko darurat yang terletak di RT 21.

“Nanti apabila air terus naik dan tinggi, kita imbau masyarakat untuk mengungsi ke posko. Tapi untuk saat ini warga masih bertahan di rumah masing-masing,” tambahnya.

Menurut laporan, di Kelurahan rawa makmur sudah ratusan rumah terendam banjir, mulai dari ketinggian semata kaki hingga paha orang dewasa. Dan ini diperkirakan bertambah apabila ada banjir kiriman.

Sementara itu, Kadis PUPR Kota Bengkulu Noprisman menjelaskan, banjir yang melanda adalah akibat meluapnya sungai Bengkulu.

“Ini karena meluapnya sungai sehingga terjadi sedimentasi yang menyebabkan pendangkalan dan selanjutnya akan menaikkan permukaan air ketika terjadi banjir. Selain itu, cuaca ekstrim juga salah satu faktornya,” jelas Noprisman.

Terkait permasalah sungai Bengkulu, Noprisman mengungkapkan bahwa hal itu bukanlah kewenangan Pemkot melainkan Pemerintah Provinsi.

“Ini bukan kewenangan kita dan masyarakat sudah tahu itu,” singkatnya.

Tapi, pada intinya menangani persoalan ini maka harus ada sinergi antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan kota. Karena seperti yang di ketahui, Kota Bengkulu terletak di dataran rendah, hujan yang ada di hulu akhirnya membuat hilir menjadi banjir.

Share

Related posts

Cendekiawan Muslim Betungan Programkan Bantuan Sembako Untuk Warga Kurang Mampu

Berita Rafflesia

Pemkot Bengkulu Raih Kembali Penghargaan KLA Dari Menteri PPPA

Berita rafflesia

Sekda Provinsi Bengkulu Mengucapkan HUT Ke-76 Tahun Indonesia Merdeka

Berita Rafflesia

Leave a Comment