Nasional

Dandim 1201 Dukung Babinsa Dampingi Puskesmas Tracing Warga Cegah Penularan Covid-19

Landak – Komandan Kodim 1201/Mempawah Letkol Inf Dwi Agung Prihanto mengatakan, jajaran personelnya harus pro aktif dalam melihat perkembangan situasi Covid-19 di daerahnya masing-masing. Terlebih bagi para Babinsa yang memiliki desa binaan, harus mengetahui perkembangan yang terjadi.

Selain itu, Dandim menekankan Babinsa untuk terlibat aktif dalam pencegahan Covid-19. “Harus terlibat aktif dalam pencegahan Covid-19, baik melalui pendampingan maupun bentuk lainnya seperti tracing,” kata Dandim.

Sebelumnya diketahui Babinsa Koramil 1201-07/Mempawah Hulu, Sertu HB Waratmojo mendampingi petugas Puskesmas Karangan melakukan Tracing seorang warga Dusun Pandan, Desa Tiang Tanjung, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, Kamis (10/6/2021).

Sertu HB Waratmojo mengatakan pentingnya melakukan tracing untuk menelusuri jejak kontak antara pasien positif Covid-19 dengan orang yang berada di sekitarnya. Dikatakan, upaya tracing ini perlu dilakukan agar pasien positif Covid-19 tidak semakin bertambah.

“Saat ini yang bersangkutan masih di rumah. Kondisinya masih sehat dan masuk Orang Tanpa Gejala. Namun yang bersangkutan wajib isolasi mandiri yang akan diawasi langsung oleh kami dan Puskesmas Karangan,” ujar Sertu HB Waratmojo.

Ia berpesan, kepada warga yang telah di tracing untuk memantau kondisi tubuh. Apabila mengalami gejala seperti batuk dan sesak, lanjutnya, bisa langsung menghubungi layanan kesehatan terdekat.

Sementara itu, Tenaga Kesehatan Puskesmas Karangan, Minarti menyampaikan pesan agar yang terkonfirmasi Covid-19 untuk melaksanakan isolasi mandiri.

“Isolasi ini sambil menunggu swab oleh petugas dari Puskesmas Karangan dengan memperhatikan betul protokol kesehatan,” ucap Minarti.

Share

Related posts

Babinsa Mempawah Hilir Laksanakan Pendampingan Warga Daftar BPUM di Kantor Lurah

Berita rafflesia

Menghadapi Pemilu 2024, PPP Provinsi Bengkulu Akan Laksanakan Muswil

Berita rafflesia

Dandim Apresiasi TNI dan Polri Sinergi Kawal Aksi Buruh di Perusahaan Perkebunan

Berita rafflesia

Leave a Comment