Pemerintahan Rejang Lebong

Data DPT Berbeda Hingga Puluhan Ribu, PMD Rejang Lebong : Sudah Final

REJANG LEBONG, Beritarafflesia.com – Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap III di 56 desa Rejang Lebong ternyata berbeda jauh dengan jumlah DPT yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal tersebut diketahui setelah verifikasi data menjelang pilkades. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Suradi Rifai didampingi Kabid Kelembagaan, Sosbud dan Pemerintahan Desa Bobby Harpa Santana mamaparkan bahwa perbedaan data DPT yang diberikan oleh tim panitia desa dengan data yang dikeluarkan KPU mencapai 28,770 DPT.

“Jumlah DPT Pilkades di 56 desa setelah finalisasi sebanyak 51.230, jumlah ini berbeda dari data pembanding dari KPU yang mencapai 80.000-an,” ujar Suradi pada Rabu (29/01/2020).

Menurut Suradi, salah satu factor yang dapat menyebabkan perbedaan data tersebut adalah domisili. Data KPU merupakan data awal penduduk secara keseluruhan, sedamngkan data DPT tim verifikasi merupakan data masyarakat yang berdomisili di tiap desa. Selain itu, Suradi juga menegaskan bahwa dalam tiap proses pendataan, berita acara selalu dibuat. Sehingga, kemungkinan data DPT tim verifikasi meleset relatif kecil.

“Yang didata oleh desa ini berdasarkan Perbup Nomor 10 tentang Pilkades, warga yang masuk dalam mata pilih itu mereka yang bertempat tinggal atau berdomisili minimal enam bulan, yang KPU kita tidak tahu ketentuannya seperti apa mungkin ada ketentuan lain,” jelasnya.
terakhir, Suradi menegaskan bahwa data DPT tersebt sudah difinalisasi. Dalam artian, tidak aka nada lagi nama yang boleh ditambahkan karena proses verifikasi sudah selesai.(NV)

Share this:

Related posts

“Bengkulu Normal”, Gubernur Rohidin : Aktivitas Keagamaan Kembali Normal Sesuai Protokol

Berita rafflesia

Wagub: Ekosistem Mangrove Harus Dikelolah Dengan Baik

Berita rafflesia

Bupati Bundra Dan Kapolda Resmikan Renovasi Roemah Pangeran Arpan Didesa Karang Anyar Seluma

Berita rafflesia

Leave a Comment