Dempo Xler: Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Muda di Bengkulu

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, S.Ip, MAP menerima audiensi Ikatan Putra Putri Kampus Provinsi Bengkulu pada Kamis (7/12/2023).

Audiensi bertempat di salah satu cafe di kota Bengkulu ini bertemakan tentang membangun Provinsi Bengkulu dalam bidang pendidikan.

Dimana pendidikan memiliki peranan penting dalam mewujudkan pembangunan pada suatu daerah, sehingga pentingnya pendidikan bagi masyarakat harus terus dikampanyekan.

“Soal pendidikan itu sangat penting. Makanya dalam momen ini, kita mendiskusikan beberapa program terkait pendidikan ini, dan kedepannya diharapkan dapat ditindaklanjuti,” ungkap Dempo.

Menurut Dempo, pihaknya bakal menyusun program bagaimana untuk memastikan, agar anak-anak Bengkulu yang sudah mengikuti jenjang pendidikan SMA itu, memiliki kesempatan untuk kuliah. Sedangkan sasarannya anak-anak yang berada di kampung-kampung di Provinsi Bengkulu.

“Dalam pembahasannya kita lebih menitikberatkan bagaimana anak-anak kampung ini memiliki mental untuk berani kuliah. Karena selama ini cukup banyak anak-anak di kampung tidak berani untuk kuliah, yang disebabkan beberapa faktor seperti pembiayaan,” jelasnya.

Lanjut Dempo, sebenarnya sisi ekonomi tidak layak menjadi alasan untuk tidak berani kuliah, melainkan mentalitas anak-anak di kampung-kampung. Oleh karena itu mentalitas seperti ini harus diubah.

“Diharapkan nantinya Ikatan Putra Putri Kampus ini dapat berkeliling di Provinsi Bengkulu, dan untuk mengajak orang sadar pentingnya punya pendidikan dan pentingnya kuliah untuk menanta masa depan,” imbuhnya.

Pembahasan kedua, Dempo mengemukakan, bagaimana membuat kegiatan untuk pengabdian di tengah-tengah masyarakat. Seperti, membuat taman baca agar masyarakat bisa mengembangkan bakat.

“Terakhir memberikan kemampuan-kemampuan secara akademik, sehingga nantinya dengan kemampuan itu dapat mengembangkan ide-ide produktif,” ajaknya kembali.

Sementara itu, Ketua Ikatan Putra Putri Kampus (IPPK) Provinsi Bengkulu Sahadi Purwanto menyampaikan, pihaknya akan berkeliling wilayah Provinsi Bengkulu untuk memberikan pandangan kepada generasi muda yang tamatan SMA, SMK dan MAN sederajat, agar mau melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan.

“Sebagai generasi muda kita akan membuat project bersama Bang Dempo selaku inspirator, berkeliling wilayah Bengkulu, untuk mengajak generasi penerus bangsa agar mau berkuliah,” singkatnya.(BR1)adv