Di Pastikan, Anggaran Dana Desa Tahun Ini Tidak Untuk Pembangunan

Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Seluma, Agus Jun Fadhillah

 

SELUMA,Beritarafflesia.com – Peraturan terbaru menyebutkan penggunaan Dana Desa (DD) tahun ini tidak bisa lagi untuk pembangunan fisik. Sebab dana desa (DD) lebih diprioritaskan untuk pemberdayaan, perbaikan ekonomi, dan pengembangan BUMDes.

Namun jika pembangunan fisik dianggap penting dan mendesak maka pemerintah daerah akan membuat kebijakan tersendiri terhadap desa bersangkutan.

Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Seluma Agus Jun Fadhillah menjelaskan, DD bisa untuk fisik apabila dilakukan sejak awal dalam APBDes dan sebelum dilakulan evaluasi. Jika dilakukan di pertengahan atau setelah evaluasi maka tidak bisa dilaksanakan. jum’at (29/5/2021)

“Boleh tapi mereka membuat usulan dari awal sebelum evaluasi kecamatan. Mereka mengusulkan ke PMD maka bupati akan membuat persetujuan, tetapi kebanyakan desa ABPDes sudah selesai baru mengusulkan fisik maka tidak bisa lagi,” ujar Agus.

Untuk tahun ini desa yang bisa melaksanakan pembangunan fisik adalah Desa Harapan Mulia Kecamatan Ilir Talo, yang sudah membangun jalan setral produksi pertanian.

“Jadi apabila kebutuhan mendesak kita bantu seperti Desa Harapan Mulia yang memang urgen untuk jalan mengangkut hasil pertanian,” ungkapnya.

Ditegaskan Agus, DD tahun ini lebih fokus pada pemberdayaan, penanganan Covid-19 seperti BLT DD, perbaikan perekonomian, stunting, dan lainnya.

“Tahun ini sebagian besar desa memang tidak menggunakan DD ke fisik karena rata-rata desa mengajukan terlambat,” pungkasnya. (Mn)