Kota Bengkulu

Diberi Izin, Besok RSUD M Yunus Sudah Mulai Periksa Sampel Swab di Laboratorium PCR Sendiri

Kota Bengkulu, Beritarafflesia.com- Besok RSUD M Yunus  sudah mulai melakukan uji coba pemeriksaan sampel. Mengingat pengajuan uji sampel swab test Covid-19 secara mandiri di laboratorium RSUD M Yunus yang beberapa waktu lalu telah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan pihak dinas kesehatan bersama Dirut RSUD M Yunus sudah mengecek dan memeriksa kesiapan perlegkapan dan kesiapan tim medis yang melakukan uji sampel swab.

“Tadi sudah kita cek kembali bersama Direktur RSUD M Yunus, seluruh perlengkapan, peralatan sudah siap dan besok sudah mulai uji coba pemeriksaan, serta finalisasi seluruh alur kerja, tim kerja dan sebagainya,” Beber Herwan Antoni, Minggu (17/05/2020).

Sehingga, lanjutnya dimungkinkan pada Selasa (19/05/2020) nanti sudah mulai pemeriksaan yang akan dilakukan secara bertahap, karena baru memulai uji sampel sendiri. Untuk tahap pertama, akan dilakukan pemeriksaan sampel sebanyak 20 dahulu, lalu nanti menyusul hingga 50 sampel.

“Nanti setelah mulai berjalan, kita naikkan (jumlah sampel, red), kapasitas sampel kita bisa sampai 100 pemeriksaan dalam satu hari, bahkan nanti bisa lebih, karena kita punya 2 alat, pertama alat PCM dengan menggunakan catrige dan satu lagi menggunakan PCR, yang lebih banyak nanti menggunakan PCR, karena 1 PCR itu bisa untuk 99 sampel,”  Jelas Herwan.

Dengan adanya alat sendiri untuk melakukan uji sampel ini, dimungkinkan nantinya akan bisa lebih banyak melakukan pemeriksaan sampel hingga ke seluruh Kabupaten/Kota.

Untuk itu, tracking harus diperbanyak lagi serta lebih diperketat lagi dalam menelurusi klaster-klaster yang baru muncul dengan gejala baru.

“Kalau sekarang, prioritas pengambilan spesimen kita adalah kontak dekat, atau kontak erat, nanti tidak menutup kemungkinan kita akan melakukan pengambilan sampel, sekaligus rapid dan pengambilan sampel pada kelompok-kelompok resiko,” Pungkasnya. (Rian)

Share

Related posts

Ambulans Gratis 24 Jam, Mengantar ke Pelosok Daerah hingga Luar Provinsi

Berita rafflesia

Paripurna DPRD Kota, 9 Program Catatan Pemkot Dalam Raperda APBD Perubahan 2021

Berita rafflesia

Arisan, Salah Satu Wadah Untuk Mempererat Tali Silaturahmi  

Berita rafflesia

Leave a Comment