Bengkulu Utara

Dimasa Covid-19, Pengadilan Negeri Argamakmur Laksanakan Sidang Secara Virtual

Bengkulu Utara, Beritarafflesia,com – Pengadilan Negeri Argamakmur tetap melaksanakan sidang pada masa pandemi covid-19 menggunakan media elektronik atau secara virtual, di kantor Pengadilan Negeri, Rabu (30/9/2020)

Fajar Kusuma Aji, SH., MH ketua Pengadilan Negeri Argamakmur melalui Eldi Nasali, SH., MH Hakim Humas menjelaskan bahwa Pengadilan Negeri Arga Makmur tetap melayani masyarakat untuk suatu Keadilan dengan tetap melaksanakan Sidang pada masa Pandemi Covid-19,dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Saat ini Mahkamah agung menangani perkara, khusus untuk kelas 2 perkara perdata dan pidana .Untuk perkara perdata sebenarnya sudah dibuat terobosan oleh MA sesuai dengan peraturan MA nomor 1 tahun 2019 sudah menggunakan elektronik court atau e-court . E-Court tahapannya terkait pemanggilan, pembayaran, dan teknik bersidang e-litigasi sudah dijalankan. Ketika masa pandemi Covid-19 ini terhadap perkara pidana mengingat situasi kondisi ini sebagai akibat dari pihak lapas dalam hal ini dibawah instansi pusat kemenkumham mengisolasi tahanan. Otomatis tahanan itu tidak bisa dihadirkan keruang persidangan,sehingga memang ada perubahan sistem sidang di PN pada masa pandemi ini yaitu dengan membuat sistem sidang pemeriksaannya secara virtual jadi posisi terdakwa tetap di lapas karena sesuai aturan mereka pun belum bisa untuk mengeluarkan tahanan. Kemudian teknik persidangan virtual menggunakan aplikasi jadi secara daring atau online, jadi memang ada perubahan.”jelasnya.

Eldi Nasali,SH,MH menambahkan bahwa untuk wilayah Bengkulu utara posisi hakim dan jaksa tetap berada di ruang sidang, sedangkan untuk penanganan perkara wilayah Bengkulu tengah Jaksa dapat berada secara virtual bgitu juga dgn terdakwa.

“Kalau terkait sekarang ini, dari jaksa sendiri jaksa untuk diketahui kalau PN argamakmur ini menangani 2 wilayah yaitu Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara. jadi posisinya kalau untuk Bengkulu Utara kejaksaan negerinya bisa tetap datang ke ruang sidang .Kalau untuk Bengkulu Tengah oleh karena jarak mereka memilih untuk menggunakan sistem online jadi di mungkinkan jaksanya tidak hadir termaksud juga saksi2 mengingat jaraknya jauh kemudian itu juga agar sinergi dengan pembatasan pengunjung di pengadilan negeri sendiri untuk mendukung protokol kesehatan covid-19, jadi untuk pengunjung kita batasi kecuali misalnya saksi kalau untuk yg lain2 selain pihak yg berkepentingan di luar perkara misalnya mau mengurus surat-surat bebas di pidana yaitu urusannya ke bagian hukum itu masih bisa tapi untuk pengunjung dibatasi jadi untuk pihak keluarga sebenarnya saat terdakwa sudah tidak lagi dihadirkan disini otomatis pihak keluarga juga sudah jarang datang kesini karena biasanyakan keluarga datang mereka mau menjenguk tahanan di sel otomatis karena kita tidak pernah lagi ada tatap muka dengan terdakwa karena terdakwa ada di lapas otomatis pengunjung juga berkurang.”jelasnya (Mc)

 

Share this:

Related posts

Korupsi Dana Desa, Kades di Bengkulu Utara Terancam 20 Tahun Penjara

Berita rafflesia

Dukung Ketahanan Pangan, Bupati Mian Sukseskan Panen Jagung VUB

Berita rafflesia

Jelang Musim Tanam, Bupati Mian Cek Saluran Irigasi Sawah

Berita rafflesia

Leave a Comment