Kota Bengkulu

Dimassa Pandemi, Perpustakaan Provinsi Bengkulu Terapkan Pelayanan e-Perpus

Bengkulu, Beritarafflesia.com- Walaupun di masa pandemi COVID-19 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu tetap melakukan pelayanan umum dengan menerapkan sistem Perpustakaan digital yaitu e-Perpus Bengkulu.

“Hal tersebut diterapkan untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran virus COVID-19. Alhamdulillah selama pandemic COVID-19 ini kita tidak mengalami kendala dalam melakukan pelayanan umum dikarenakan telah tersedianya perpustakaan digital,” terang H.Meri Sasdi Jantan, M.Pd Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu Selasa (16/02/2021).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa penerapan perpustakaan digital ini sudah beroperasi sejak bulan Februari 2020 tepat setelah pemerintah mengumumkan untuk pembatasan di keramaian dan pelayanan di semua fasilitas umum termasuk di pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu.

“Jadi pelayan perpustakaan yang berhubungan langsung (tatap muka.red) itu kita batasi, karena kita sudah menyediakan secara digital yaitu e-Perpus Bengkulu, bagi masyarakat yang ingin membaca buku bisa mengakses aplikasi tersebut ” Lanjutnya.

Walaupun demikian untuk masyarakat atau mahasiswa yang memang perlu melakukan pelayanan tatap muka pihaknya tetap melayani dengan menerapkan protocol kesehatan ketat dengan menggunakan masker, mencuci tangan, mengecek suhu tubuh hingga menjaga jarak.

“Kalo misalnya mahasiswa atau masyarakat yang membutuhkan pelayanan tatap muka seperti meminta surat tanda pengembalian buku itu masih tetap kita layani, namun dengan menerapkan protokol COVID-19 dan membatasi jumlah orang yang memasuki ruangan,” tuturnya.

Semua masyarakat dapat membuka perpustakaan digital ini dengan mendownload aplikasi e-Perpus Prov Bengkulu melalui aplikasi playstore. Perpustakaan digital milik Perpustakaan Daerah sendiri telah mengoleksi sebanyak 3 ribu buku yang dapat diakses selama 24 jam untuk seluruh masyarakat umum baik di Bengkulu maupun luar Bengkulu.

Di Akhir penuturannya dirinya berharap pandemi COVID-19 ini segera berakhir agar masyarakat dapat kembali beraktifitas seperti sebelumnya. *(Pahri)*

Share

Related posts

Kunjungi Panti Asuhan, Ibu Gubernur Salurkan Zakat Mal Dan Bansos

Berita rafflesia

Komisi 1 DPRD Kota Bengkulu Cek Kesiapan Vaksinasi di RSHD

Berita rafflesia

Walikota Bengkulu Helmi Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir

Berita rafflesia

Leave a Comment