Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Melalui Dinas UPTD Gelar Pelatihan Sosialisasi Geospasial Lahan Pertanian

30 Penyuluh Pertanian Ikut Sosialisasi Geospasial Lahan Pertanian 

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pelatihan dan Penyuluhan menggelar sosialisasi geospasial lahan pertanian, di hotel Latansa pada Kamis (14/9/2023).

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini dalam rangka peningkatan kompetensi untuk rekan-rekan penyuluhan pertanian ASN, sehingga dapat menambah wawasan pengetahuan di sektor pertanian dengan penggunaan teknologi aplikasi yang canggih.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh 30 Penyuluhan pertanian ASN dari perwakilan kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

30 Penyuluh Pertanian Ikut Sosialisasi Geospasial Lahan Pertanian

Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Rosmala Dewi, diwakili Kepala UPTD PPSB TPHP Provinsi Bengkulu, Ir. M. H. Sidik Widodo mengatakan, setelah mengikuti sosialisasi penyuluh pertanian tentang geospasial lahan ini diharapkan dapat memberikan data terbaru bagi petani agar dapat meningkatkan kesejahteraan.

30 Penyuluh Pertanian Ikut Sosialisasi Geospasial Lahan Pertanian

“Dengan berjalannya program penyuluhan pertanian ini nanti diharapkan dapat meningkatkan swaswada pangan dan swaswada beras,” kata Sidik Widodo.

Sementara, Kepala UPTD PPP TPHP Darminsah, menjelaskan sosialisasi ini guna memberikan wawasan kepada penyuluh pertanian yang akan transfer ke penyuluh pertanian lainnya di kabupaten/kota dalam rangka untuk mendukung program di tingkat Desa, Kelurahan,Kecamatan, Kabupaten hingga provinsi Bengkulu.

“Geospasial atau ruang kebumian ini dapat menjadi acuan bagi para penyuluh pertanian untuk mencari data tanaman yang berpotensi di daerah masing-masing,” ungkapnya.

Dia pun berharap ke depan para penyuluh pertanian dapat mendampingi para petani untuk meningkatkan produksi pertanian.(BR1)adv