Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Salurkan Bantuan Pompa Air di Kab.Seluma

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Alami kekeringan Seluas 50 H (Hektar) sawah di Kecamatan Suka Raja Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu.

Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, berupaya meminimalisir dampak kekeringan dan mengurangi resiko kerugian yang dialami petani akibat kekeringan.

Salah satunya memberikan salurkan bantuan beberapa unit pompa air yang ada di Brigade Alsintan (Alat Mesin Pertanian) milik Pemprov Bemgkulu ke petani di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma pada Senin 21 Agustus 2023 kemarin.

Bantuan ini diprioritaskan kepada kelompok tani yang memang memiliki areal sawah rawan kekeringan.

Terlebih menghadapi musim kemarau, sehingga petani dapat memanfaatkan pompa pada Brigade Alsintan untuk memasok air ke sawah.

 Plt Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu Rosmala Dewi, SP.,M.Si, pihaknya Menyampaikan Tugas pelaksanaan ia berharap agar hujan segera turun untuk membentuk petani menggarap sawah.

Beliau juga menghimbau agar para petani mengikuti program AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi) agar dapat menanam kembali di musim berikutnya apabila mengalami gagal panen (puso) akibat kekeringan. 

Pembiayaan asuransi petani ini diberikan pemerintah pusat dengan 1.500 asuransi yang disediakan.

Pada kesempatan tersebut, kepada seluruh petugas pertanian Rosmala Dewi juga menghimbau agar melakukan pemantauan dan koordinasi yang baik terkait upaya penanggulangan kekeringan tersebut.

“Yang jelasnya kami akan terus melakukan langkah-langkah antisipasi dalam mencegah terjadinya kekeringan sehingga gagal panen bisa terhindarkan. Dan begitu ada laporan kita akan cek dilapangan seberapa parahnya ancaman kekeringan,” kata Rosmala Dewi.(BR1)adv