advertorial Pemerintahan

Dinkes Provinsi Bengkulu Sampaikan Kasus DBD Daerah Mukomuko Menurun

Bengkulu, Beritarafflesia.com– Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, menyebutkan kasus demam berdarah dengue (DBD) di daerah Mukomuko terhitung bulan Februari 2020 mengalami penurunan drastis dibandingkan sebelumnya.

“ Kasus DBD di daerah ini turun drastis. Bulan Februari sebanyak 11 orang warga yang positif DBB, menurun dibandingkan bulan Januari sebanyak 37 orang,” kata Kasi Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Suyono dalam keterangannya di Mukomuko, Rabu.

Kasus DBD pada bulan Februari 2020 di daerah ini mengalami penurunan drastis karena salah satunya pengaruh kegiatan pengasapan atau fogging untuk mencegah meluasnya penyakit DBD di sejumlah pemukiman penduduk yang ditemukan kasus DBD.

Ia menjelaskan karena kalangan warga masyarakat setempat terutama di wilayah endemik penyakit sudah bisa melakukan berbagai kegiatan dalam rangka pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka.

“Kalau kegiatan fogging ini hanya sebatas membunuh nyamuk dewasa yang berada di sekitar pemukiman penduduk yang ditemukan kasus DBD, tetapi kegiatan PSN memberantas sarang nyamuk,” jelasnya.

Instansinya sampai sekarang masih terus menjalin kerja sama lintas sektoral dalam rangka mengajak masyarakat menggalakkan gotong royong minimal dua kali seminggu.

“ Instansinya melalui puskesmas yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini tetap melakukan kegiatan seperti biasanya yakni pemeriksaan pasien yang dicurigai mengidap penyakit DBD” Imbuhnya.
Sebelumnya sebanyak 142 orang warga tersebut diduga terkena penyakit DBD. Sebanyak ratusan orang warga yang diduga DBD tersebut tersebar di wilayah kerja lima puskesmas.Adv(Pahri)

Share this:

Related posts

Lagi, Bupati Mian Bagikan Seragam Gratis SD SMP

Berita rafflesia

Gencar Lawan Covid-19, Gubernur Bagikan Masker Gratis Ke Pedagang Pasar Lebong

Berita rafflesia

Upaya Pemkot Bengkulu Melindungi Masyarakatnya Dari Covid-19, Siapkan Fasilitas Kesehatan

Berita rafflesia

Leave a Comment