Mukomuko Pemerintahan

Dinsos Mukomuko Berdayakan Masyarakat Melalui Perogram KUBE Guna Mengurangi Angka Kemiskinan

Mukomuko, Beritarafflesia.com-  Upaya  mengurangi angka kemiskinan di Indonesia, Kementerian Sosial (Kemensos) RI selain mengeluarkan program bantuan juga mengeluarkan program pemberdayaan masyarakat, salah satunya program Kelompok Usaha Bersama (Kube).

Seperti di Kabupaten Mukomuko, program Kube ini telah berjalan dan pada tahun 2020 ini sekira 80 Kube diajukan oleh masyarakat ke Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mukomuko.

“Untuk tahun anggaran 2020,  untuk sekarang ini masih dalam proses pengusulan kelompok, tapi anggarannya sudah ditentukan pada Januari kemarin, itu sebanyak 80 kelompok Kube se Kabupaten Mukomuko dengan dana lebih kurang Rp 1,6 miliar,”  Ungkap Refiadi, Kabid MM Dinsos Mukomuko.

 

Namun, tidak semua penjuru Kabupaten Mukomuko mendapat bagian kelompok Kube, melainkan hanya ada dua kecamatan, yakni Kecamatan Air Dikit dan Kecamatan Tramang Jaya, untuk tahun anggaran 2020 ini.

Beliau menerangkan, dalam satu Kube terdiri dari 10 orang, yang nantinya masing-masing akan mendapatkan modal Rp 2 juta, artinya dalam satu kelompok akan mendapatkan dana Rp 20 juta.

“Kube yang ada sekarang ini Kube yang bergerak di bidang usaha pangan, dia mengolahkan bahan pangan menjadi bahan makanan yang siap konsumsi, nanti dari kelompok itu juga akab memasarkan produknya ke masyarakat atau ke market-market,” Tambahnya.

Keuntungan dari hasil Kube ini nantinya diperuntukkan untuk Kube itu sendiri, seperti untuk menambah modal untuk menerapakn usaha atau produksi yang berikutnya.

“Pokoknya modal tidak bisa disalahgunakan, tapi keuntungan boleh disimpan melalui bendahara kelompok  dan boleh dibagi, karena keuntungan itu untuk mereka. Kita berharap Kube ini bisa terus berkembang secara bertahap,” Tutupnya. (Agus)

 

Share

Related posts

Polres BU Imbau Penerima BST Agar Selalu Patuhi Prokes

Berita rafflesia

Langkah Strategis Gubernur Rohidin, Dalam Pemulihan Ekonomi Akibat Pademi Covid-19

Berita rafflesia

Tekan Penyebaran Covid-19, Gubernur Perpanjang Libur Hingga Akhir Mei

Berita rafflesia

Leave a Comment