Dinsos Siagakan 55 Personel,Guna Antisipasi Bencana Musim Penghujan

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu menyampaikan prakiraan cuaca masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Berkenaan dengan hal tersebut, Pemkot Bengkulu melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bengkulu menyiagakan 55 personel berjaga secara bergantian untuk mengantisipasi terjadinya bencana selama musim penghujan.

Kepala Dinsos Sahat Marulitua Situmorang mengatakan, Dinsos juga menyiapkan posko kesiapsiagaan taruna siaga bencana di Kota Bengkulu yang akan beroperasi selama 24 jam untuk menerima laporan dari masyarakat.

Untuk personil yang siaga di pos tersebut akan menjalankan tugasnya seperti menerima laporan yang kemudian dipelajari agar dapat ditindaklanjuti.

Hal tersebut dilakukan sesuai dengan peraturan Menteri Sosial terkait proses bagaimana mengurangi potensi korban jiwa dan resiko harta benda saat terjadinya bencana.

“Sejak Januari 2024 Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Sosial Kota Bengkulu mengamankan untuk pembentukan posko siaga bencana untuk membantu masyarakat, nantinya tim yang bertugas akan siap membantu masyarakat 24 jam,” ujar dia, Rabu (17/1).

“Bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dari Dinsos Kota Bengkulu untuk segera menghubungi tim yang bertugas agar dapat segera diproses dan ditindaklanjuti,” sambungnya.(BR1)