Hukum Kota Bengkulu

Ditawari Mobilio Rp 45 Juta, Warga Bengkulu Kena Tipu Online

BENGKULU, Beritarafflesia.com – Kasus Penipuan kembali marak terjadi. Beatus (44), warga Jalan Pembangunan Kelurahan Singaran Pati Kota Bengkulu, melapor ke Polda Bengkulu atas penipuan yang dialaminya. Beatus mengaku telah ditipu dalam transaksi pembelian satu unit mobil jenis Honda Mobilio.

Mulanya, Korban ditawari mobil jenis Mobilio dengan harga Rp 45 juta di media sosial Facebook. Tergiur dengan tawaran yang murah tersebut, korban lantas menyerahkan uang muka Rp 5 juta yang kemudian ia transfer ke rekening atas nama Satrio Eka Dewantoro pada 22 Desember 2019 lalu. Lalu, korban kembali mentransfer uang tambahan dengan nilai yang sama namun ke rekening yang berbeda, atas nama Devi Eka pada 28 Desember 2019.

Namun hingga waktu yang dijanjikan oleh penjual, mobil tidak juga sampai ke tangan korban. Korban yang gusar kemudian mendatangi kediaman sang pemilik mobil. Naas, pelaku sudah tidak berada di tempatnya. Korban yang akhirnya sadar bahwa ia telah menjadi korban penipuan kemudian melapor ke Polda Bengkulu.

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Sudarno, S.IK membenarkan adanya laporan dari warga atas penipuan jual  beli mobil murah dengan menggunakan media sosial. Sudarno kemudian menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati terutama transaksi dengan harga miring, terlebih dilakukan melalui dunia maya. Pasalnya, penipuan dengan iming iming harga yang murah kerap terjadi.

“(Kasus seperti) ini sebenarnya sering terjadi. Kita sampaikan kembali, kalau ingin jual beli online harus dicek terlebih dahulu. Kalau barang belum jelas, tidak usah dikirim uangnya,” ujar beliau saat dikonfirmasi di Mapolda Bengkulu, Kamis (9/1/2020).

“Barang yang ditawarkan dibawah harga seperti mobil Mobilio ini murah sekali. Harga tidak sesuai (terlalu murah) harus dicurigai itu, bias jadi penipuan. Untuk laporan ini nanti akan ditindak lanjuti, penyidik sudah memanggil beberapa saksi yang ada juga korban,” tutupnya. (Cecep)

Share this:

Related posts

Ditengah Pandemi Covid-19, Polda Bengkulu Salurkan Paket Sembako Untuk GMB

Berita rafflesia

Buka Pelatihan KP2M, Walikota Doakan Peserta jadi Generasi Terbaik untuk Bangsa

Berita rafflesia

Barang Bukti 32 Gram Sabu Siap Edar Dimusnahkan Polisi

Berita rafflesia

Leave a Comment