DPRD Benteng Minta Awasi Harga TBS Yang Anjlok Jelang Lebaran

DPRD Benteng Minta Awasi Harga TBS Yang Anjlok Jelang Lebaran

Bengkulu Tengah,Beritarafflesia.Com-Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah kerap mengalami penurunan harga yang drastis menjelang hari raya idul fitri.

Penurunan harga itu pun telah terjadi dalam dua hari terakhir, dan dikhawatirkan akan terus turun hingga libur Lebaran pada Selasa (18/4/2023).

Menyikapi hal tersebut, anggota DPRD Bengkulu Tengah, Doni Erian meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Tengah untuk melakukan pengawasan terkait harga TBS sawit ini.

“Dalam waktu dekat ini kami akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, untuk mencari solusi bagaimana harga TBS sawit ini tidak anjlok jelang lebaran,” ujar Doni, Kamis (13/4/2023).

Diakui Doni, selama ini momen lebaran kerap dimanfaatkan oleh piha perusahaan kelapa sawit untuk menurunkan harga TBS sawit dengan alasan pasokan yang berlimpah.

“Ini sangat sering dimanfaatkan oleh pihak pabrik kelapa sawit, sehingga sangat merugikan masyarakat yang membutuhkan uang tambahan untuk lebaran,” kata Doni.

Namun, Doni pun meminta kepada para petani untuk melakukan pemanenan harus sesuai dengan standar perusahaan.

“Jangan sampai karena mau banyak hasil panen, yang mentah-mentah juga ikut di panen, selain merugikan perusahaan juga merugikan kita sendiri,” ungkapnya.(Br1)adv