Duduk sejenak di Kursi Dewan, Peserta Pelatihan FIM Merasakan Beban Aspirasi Masyarakat

Bengkulu,Beritarafflesia.Com- Jumat, 29 Desember 2023, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler SIP MAP, mengundang pemuda dari pelajar hingga mahasiswa yang mengikuti pelatihan dari Forum Indonesia Muda (FIM) Regional Bengkulu untuk merasakan suasana Gedung DPRD Provinsi Bengkulu. Para peserta pelatihan diajak untuk duduk di kursi anggota dewan, meja pimpinan, dan ruang paripurna, memberikan pengalaman langsung tentang kehidupan sebagai wakil rakyat.

Salwa Farras Wati, seorang pelajar dari SMA N 4 Bengkulu Utara, mengungkapkan kebahagiaannya dapat duduk sejenak di kursi anggota DPRD. Meskipun hanya beberapa menit, ia merasakan tanggung jawab wakil rakyat dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Saya senang bisa merasakan duduk di kursi anggota DPRD Provinsi Bengkulu. Saya merasakan beban wakil rakyat untuk memperjuangkan aspirasi rakyat,” ujar Salwa.

Salwa juga menambahkan tekadnya untuk terus belajar dan bertindak, karena menurutnya, menjadi anggota dewan membutuhkan komitmen dan pemahaman yang mendalam. Inisiasi dari Ketua Komisi I DPRD Bengkulu, Dempo Xler, diapresiasi sebagai langkah positif dalam memberikan ruang edukasi dan pendidikan politik kepada generasi muda.

Dempo Xler menjelaskan bahwa gedung DPRD Provinsi Bengkulu adalah akar dari rakyat, dan membuka ruang bagi anak muda dan masyarakat untuk merasakan suasana di sana. “Tentu saja untuk belajar menjadi anggota DPR. Bisa mengerti apa yang menjadi tugas-tugas wakil rakyatnya,” ungkap Dempo.

Dempo menegaskan fokus dan konsistensinya dalam memberikan edukasi kepada pemuda di rumah wakil rakyat. Tujuannya adalah agar generasi muda yang kelak menjadi anggota dewan memahami tugas, tanggung jawab, dan tatanan di gedung DPRD.(BR1)adv