Dugaan Korupsi ADD/DD Talang Tige Naik Penyidikan, Puluhan Saksi Diperiksa Kejari Kepahiang

Puluhan Saksi Diperiksa, Dugaan Korupsi  ADD/DD Talang Tige Naik Penyidikan

KEPAHIANG,Beritafafflesia.com – Diketahui sekarang dugaan kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pengelolaan ADD/DD Talang Tige Kecamatan Muara Kemumu sekarang ditingkatkan statusnya menjadi penyidikan dari sebelumnya penyelidikan. Dari 3 tahun anggaran yang diperiksa penyidik Kejari Kepahiang 2019, 2020 dan 2021 sekarang yang dinyatakan sudah naik ke tahap penyidikan pengelolaan ADD/DD tahun anggaran 2019. Hanya saja sejauh ini penyidik Kejari Kepahiang belum merincikan dugaan jumlah kerugian negaranya serta kegiatan apa saja yang dikerjakan di tahun 2019 tersebut.

Plt. Kajari Kepahiang, Andi Helmi Adam, MH melalui Kasi Intel, Sudarmanto, MH mengatakan, sekarang dugan Tipikor ADD/DD Talang Tige sudah naik ke tahap penyidikan. Sekarang penyidik tengah melakukan pemeriksaan terhadap para saksi guna mendapatkan alat bukti dan sejauh inipula dalam tahap penyidikan kisaran 20 saksi yang sudah diterima. “Dari penyelidikan sekarang sudah naik penyidikan. Ditingkatkan ke tahap penyidikan atas dugaan Tipikor pengelolaan ADD/DD tahun anggaran 2019 lalu,” kata Sudarmanto

Puluhan Saksi Diperiksa, Dugaan Korupsi  ADD/DD Talang Tige Naik Penyidikan

Ditanya mengapa hanya pengelolaan tahun anggaran 2019 saja, sementara yang dilakukan penyelidikan termasuk tahun 2020 dan 2021. Menurutnya Kasi Intel, pihaknya masih fokus ke pengelolaan tahun 2019 dulu. ” Untuk 2020 – 2021 belum karena di fokuskan ke 2019 dulu. Sementara saksi – saksi yang sudah diperiksa sekitar 20 orang dan untuk kerugian negara belum dilakukan penghitungan,” demikian Kasi Intel.

Diketahui juga, ketika TA 2019 lalu tepatnya April jabatan Kades defenitif habis. Dengan itupula artinya dalam pengelolaan ADD/ DD selama 3 tahun berturut – turut menjelang Pilkades Desember 2021 Kades di Desa Talang Tige dijabat oleh Plt. Dilihat dari hal tersebut, ketika itu pengelolaan ADD/DD Talang Tige Kecamatan Muara Kemumu dilakukan oleh Plt. Hanya saja belum diketahui pasti siapa saja yang ditetapkan menjabat sebagai Plt Kades ketika itu.(Jon)