Festival Layang-Layang Desa Srikuncoro Dibuka Sekda Bengkulu Tengah

Bengkulu Tengah,Beritarafflesia.Com-Pemerintah Desa Srikuncoro melaksanakan Festival Layang-Layang untuk warga Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Bengkulu Tengah, Drs. Rachmat Riyanto, ST.,M.AP di desa Srikuncoro.

Tampak hadir, Karena, mengingat kegiatan ini dapat menjadi wadah para pelayang dalam meningkatkan kreativitasnya dan ini juga akan menjadi salah satu pengembangan pariwisata yang ada Bengkulu Tengah.

“Layang-layang ini ada beberapa mengandung filosofi. Salah satunya semakin tinggi layang-layang diterbangkan, maka akan semakin kencang angin yang menerpa artinya di dalam hidup ini semakin tinggi cita-cita yang ingin kita raih, maka akan semakin besar rintangan yang akan kita dapatkan,” jelasnya.Anggota DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah, Perwakilan Polsek Pondok Kelapa, Babinsa Pondok Kelapa, Kepala Dinas PMD Bengkulu Tengah dan Kepala Desa Srikuncoro serta undangan lainnya.

Sekda Rachmat Riyanto dalam kesempatan ini menyampaikan, apresiasi kepada Pemerintah Desa Srikuncoro yang telah melaksanakan Festival Layang-Layang se-Kabupaten Bengkulu Tengah ini. Dengan demikian ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin kedepannya.

Karena, mengingat kegiatan ini dapat menjadi wadah para pelayang dalam meningkatkan kreativitasnya dan ini juga akan menjadi salah satu pengembangan pariwisata yang ada Bengkulu Tengah.

“Layang-layang ini ada beberapa mengandung filosofi. Salah satunya semakin tinggi layang-layang diterbangkan, maka akan semakin kencang angin yang menerpa artinya di dalam hidup ini semakin tinggi cita-cita yang ingin kita raih, maka akan semakin besar rintangan yang akan kita dapatkan,” jelasnya. 

“Yang kedua, kita sendiri yang akan menentukan berapa jauh layang-layang ini tinggi karena benangnya kita sendiri memegangnya. Jadi, dalam hidup ini kita sendiri yang akan menentukan bukan orang lain,” tambahnya.

Senada, Kepala Dinas PMD Benteng, Tomi Marisi mangatakan festival layang-layang ini adalah bentuk kerjasama antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah Desa Srikuncoro. Namun, tidak menutup kemungkinan kegiatan ini bisa dilaksanakan di semua Desa di Bengkulu Tengah. 

“Mudah-mudahan dengan hubungan yang baik ini maka kita dapat mengwujudkan pembangunan di Bengkulu Tengah kedepannya agar lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu kepala Desa Srikuncoro Romadhan mengungkapkan, tujuan festival layang-layang ini untuk meningkatkan kembali kreativitas semua masyarakat sekaligus melestarikan kembali kebudayaan bermain layang-layang.

“Saya selaku mewakili pemerintah Desa Srikuncoro mengucapkan terima kasih kepada pak Sekda dan semua yang hadir. Dengan demikian, mudah-mudahan kegiatan ini dapat kita laksanakan setiap tahunnya,” jelasnya singkat.(BR1)