FKUB Bengkulu  Dukung Relokasi Makam di Pekan Sabtu ke TPU Bentiring, Demi Kemaslahatan Umat

FKUB Bengkulu  Dukung Relokasi Makam di Pekan Sabtu ke TPU Bentiring, Demi Kemaslahatan Umat

Bengkulu,Beritarafflesia.com- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bengkulu mendukung penuh relokasi pemakaman di Kelurahan Pekan Sabtu ke TPU Merah Putoh di Kelurahan Bentiring yang dilakukan oleh Pemkot Bengkulu. Ini disampaikan langsung Ketua FKUB Kota Bengkulu Buya Yulkamra, Minggu (9/4/23).

“Menyikapi tentang pemindahan pemakaman di Kelurahan Pekan Sabtu ke Bentiring Permai yang sudah disiapkan oleh Pemkot Bengkulu, dalam hal ini kita (FKUB) mendukung keputusan walikota nomor 63 Tahun 2021 tanggal 15 Maret 2021 terkait Penetapan Lokasi Tempat Pemakaman Umum Merah Putih Milik Pemerintah Kota Bengkulu yang berlokasi di Kelurahan Bentiring Permai Kecamatan Muara Bangkahulu,” ujar Yulkamra.

Juga mendukung keputusan walikota nomor 67 Tahun 2021 tertanggal 17 Maret 2021 tentang Penetapan Pemindahan Pemakaman Umat Muslim dan Non- Muslim Pada TPU Milik Pemerintah Kota Bengkulu di Kelurahan Pekan Sabtu Kecamatan Selebar ke TPU Milik Pemerintah Kota Bengkulu di Kelurahan Bentiring Permai Kecamatan Muara Bangkahulu.

“FKUB mendukung keputusan-keputusan Walikota Bengkulu jika itu memang untuk kemuslahatan umat. Kita mendukung apa yang digagas oleh Walikota Bengkulu untuk pemindahan pemakaman itu. Terima kasih kepada Walikota Bengkulu yang telah memfasilitasi semua pemindahan pemakaman baik pemakaman muslim dan non muslim, semua diperlakukan sama,” jelas Yulkamra.

Yulkamra menghimbau dan mengajak kepada masyarakat, kelompok-kelompok (ormas) untuk tidak membuat pernyataan-pernyataan yang bisa menimbulkan masalah dikemudian hari terkait dengan relokasi pemakaman tersebut.

“Kami juga menghimbau dan mengajak kepada kelompok-kelompok atau ormas untuk tidak mengeluarkan pernyataan dan langkah-langlah yang barangkali bisa menimbulkan masalah dikemudian hari yang mengarah kepada eksklusif Agama dan Kesukuan di Kota Bengkulu ini. Mari kita jaga kekompakan dan kerukunan. Mari kita bersatu dan kita dukung porogram pemkot Bengkulu terkait pemindahan pemakaman tersebut,” ujar Yulkamra.

Sementara itu, mewakili pemuda Muslim Kota Bengkulu, Rachmad Zen juga menyatakan dukungannya terhadap surat keputusan Walikota Bengkulu.

“Kami atas nama pemuda Muslim, perihal keputusan dari pemkot yang akan merelokasi makam taman bahagia di pekan sabtu ke tempat yang baru pada dasarnya kami menyetujui hal tersebut. Karena relokasi itu hal yang biasa dengan alasan kemaslahatan umat. Bahkan makam para syuhada pun yang pernah dimakamkan di Madina pernah dipindahkan karena untuk pembangunan jalan. Intinya kami atas nama pemuda Islam sangat mengapresiasi dan mendukung keputusan pemkot,” demikian Rachmad.(ta)