Gelar Rapat, Bahas Festival Budaya dan Bazar Bakal Meriahkan HUT Kota Curup 2024

Gelar Rapat, Bahas Festival Budaya dan Bazar Bakal Meriahkan HUT Kota Curup 2024

Rejang Lebong,Beritarafflesia.Com-Festival budaya dan bazar UMKM akan memeriahkan HUT Kota Curup ke-144 tahun 2024. Festival dan bazar ini akan digelar di Lapangan Dwi Tunggal, 8 – 29 Mei 2024.

Jadwal dan rangkaian perayaan HUT Kota Curup ini dibahas panitia pelaksana yang dipimpin Asisten I Setda Pranoto Majid, SH, M.Si di ruang rapat bupati, pukul 09.00 WIB, Rabu, (27/3/2024).

Rapat dihadiri Kadis Dikbud, Drs.Noprianto, MM selaku moderator. Kepala Bappeda, Khirdes Lapendo Pasju, S.STP, M.Si, Kadis DLH, Budianto, ST, MT, Kasdim 0409, Kapten.Inf. Tonny Antony, Kadis Perhubungan, Rahman Yuzir, SE, Ketua DWP, Ermawani Yusran, Yayan Musthofa dari BMA. Direktur Perumda Air Minum Tirta Bukit Kaba, Hendra Novianzah, SE, MM. Kapolres diwakili AKP Gunawan. Serta Sekdis Kesehatan, Heri Wartono, Sekdis Dispora, Nunung TM dan beberapa Kabag jajaran Setdakab. Plus Kabid IKP Diskominfo, Yeyen Apriliani, SE.

‘’Hari ini kita membahas pra persiapan perayaan HUT Kota Curup bertajuk : Festival Budaya Daerah dan Bazar UMKM. Ada 10 agenda yang dilaksanakan, 8 – 29 Mei 2024. Diawali zikir akbar di Masjid Agung, izin pamit BMA kepada rajo (bupati), kedurei sudut, pawai adat dilanjutkan kedurei agung. Gebyar festival budaya. Serta lomba dan non lomba. Izin pamit BMA kepada rajo sebelum penutupan. Malam pembagian hadiah, peluncuran buku budaya dan prosesi adat pancung tebu. Keesokannya, 29 Mei 2024 pagi digelar upacara HUT di lapangan Pemkab dan sidang paripurna DPRD. Malamnya merupakan malam puncak dimeriahkan artis ibu kota,’’ jelas Pranoto Majid.

Dikatakan, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian. Misalnya, pendirian tenda stand bazar UMKM dan panggung utama lengkap dengan dekorasinya. Termasuk stand pameran 15 kecamatan dan OPD-OPD. Pengadaan listrik, pengadaan WC dan air bersih. Serta penyiapan lokasi parkir. Penyiapan ini sudah bisa dimulai tanggal 1 Mei 2024. Tanggal 26 Mei seluruh aktivitas bazar UMKM sudah harus dihentikan. Dilanjutkan dengan persiapan panggung utama untuk malam puncak yang dimeriahkan artis ibu kota.

Selain itu, perizinan juga perlu didahulukan. Sehingga, rangkaian HUT Curup tidak menemui kendala. Serta dukungan pengamanan yang dilaksanakan Polres, Kodim, Brimob dan Satpol PP.

‘’Seluruh dokumentasi dan publikasi HUT Curup ini sepenuhnya dipercayakan kepada Dinas Kominfo.”

Sementara Kadis Dikbud, Drs. Noprianto, MM, selaku penanggungjawab seksi pergelaran, lomba dan non lomba siap melaksanakan 40 materi pergelaran budaya, lomba dan non lomba.

‘’40 materi itu berupa lomba pawai adat, bekulo, nyambei Bahasa rejang dan lembak, lomba petatah petitih, kreasi masakan lema, lagu rejang, menganyam bokoa iben, pidato bahasa rejang, kreasi musik tradisional, kudapan non beras, lomba kreasi tumpeng, melukis panorama, lomba dangdut, membuat keranjang /vas bukan dari bahan bekas, membuat mozaik budaya, kesenian batak. Ditambah, kesenian minang, Pop Idol, kolase foto sejarah RL, mendongeng, kuda kepang, lomba B2SA, balita, batik pei Ka Ga Nga, busana adat, qasidah, jingle Pareedi, gitar tunggal batanghari Sembilan, paduan suara, musik krilu, tari kejei, menulis dan membaca huruf ka ga nga, drama musikalisasi tema adat, tari kreasi, senam poco poco. Serta pergelaran etnis nusantara dan pergelaran seni dari kecamatan,’’ ujar Noprianto.(BR1)