Bengkulu Pemerintahan

Gubernur Rohidin Buka Mukernas Mahasiswa Pancasila

Gubernur Rohidin saat membuka acara Mukernas Mahasiswa Pancasila

Bengkulu. (Beritarafflesia.com) – Senin (20/9) Gubernur Rohidin Mersyah membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) DPP Mahasiswa Pancasila periode 2020-2023, di Balai Raya Semarak Bengkulu yang digelar secara hibrid.

Menurut Gubernur Rohidin, Bengkulu sangat tepat menjadi tuan rumah Mukernas Mahasiswa Pancasila. Karena sejarah mencatat Bengkulu menjadi tempat Bung Karno mendalami ide dasar nilai nilai Pancasila dan semangat kemerdekaan.

Bengkulu juga merupakan kota kelahiran Ibu Fatmawati, ibu negara pertama Republik Indonesia. Dengan semangat kebangsaannya, beliau membantu bung Karno mempersiapkan kemerdekaan dengan menjahit kain merah dan putih menjadi bendera Indonesia yang dikibarkan saat proklamasi kemerdekaan.

“Semangat nasionalisme ini diharapkan menjadi pedoman Mahasiswa Pancasila menyusun program kerjanya bersama pemerintah bersinergi membangun bangsa,” uturnya.

Pembukaan Mukernas Mahasiswa Pancasila secara simbolis dengan memukul tamborin

Ketua Umum DPP Mapancas Pilar Saga Ichsan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah provinsi Bengkulu yang telah menerima dan memberikan ruang kepada Mapancas untuk bermusyawarah.

Dikatakannya diumur 63 tahun berdiri, Mapancas akan terus menunjukkan eksistensinya di dunia organisasi kepemudaan nasional, bersinergi dengan pemerintah, dunia usaha, civitas akademika, insan pers, dan organisasi masyarakat.

Sementara Ketua Umum DPD Mapancas Provinsi Bengkulu Andrian Wahyudi pada Mukernas kali ini menekankan perlunya peran pemuda yang lebih luas dalam merespon arus globalisasi. Hal tersebut menurutnya sangat penting mengingat kemajuan bangsa ditentukan oleh keterlibatan pemuda selaku generasi penerus bangsa.

Pembukaan Mukernas Mahasiswa Pancasila secara simbolis dengan memukul tamborin

“Indonesia membutuhkan generasi muda yang hebat serta mempunyai sikap inovatif dan kreatif, dikombinasikan dengan sifat disiplin kritis dan dinamis dan tidak mudah terbawa arus modernisasi serta mampu bekerja secara maksimal untuk menghasilkan karya nyata bagi kemajuan bangsa dan negara,” ujar Andrian.

Hal tersebut ditegaskannya harus menjadi fokus dan komitmen Mahasiswa Pancasila dalam berkiprah nyata demi kemajuan bangsa.(BR)

Share

Related posts

Peletakan Batu Pertama Rabat Beton Di Desa Marga Mulya Sakti

Berita rafflesia

Perjuangan Tak Khianati Hasil, Pemkot Sabet Opini WTP BPK Tiga Tahun Berturut

Berita rafflesia

Ikuti Lomba Komposisi Musik Tradisi, Pemkot Bengkulu Fasilitasi Bis

Berita rafflesia

Leave a Comment