Kepahiang Pemerintahan

GUBERNUR ROHIDIN HADIRI WEBINAR, BENGKULU PERINGKAT 23 ATAS KERENTAN DAERAH HADAPI PANDEMI COVID-19

Provinsi Bengkulu, Beritarafflesia.com- Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjadi narasumber Webinar (Web Seminar) Tim Kata data terkait Kesiapan Daerah Hadapi Pandemi Covid-19 “Indeks Kerentanan Provinsi”, di Ruang Posko Peduli Lawan Covid-19 Kabupaten Kepahiang, Jumat (03/04/2020).

Tim Katadata menyebutkan, kerentanan Provinsi Bengkulu hadapi Pandemi Covid-19 berada pada peringkat 23, dengan indikasi Indeks Ketentanan Provinsi 26,3 persen, Risiko Karakteristik Daerah 12,3 persen, Risiko Kesehatan Penduduk 65,3 persen dan Risiko Mobilitas Penduduk 11,8 persen. Dengan kata lain persebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Bengkulu secara besar berada pada posisi kerentanan sedang.

Menanggapi posisi kerentanan Provinsi Bengkulu ini, Gubernur Rohidin mengatakan, walaupun hingga saat ini di Bengkulu telah terdapat 2 kasus positif corona, namun upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini terus dilakukan secara massiv dan berkelanjuta.

“Mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga ke wilayah administrasi pemerintahan terbawah yakni di tingkat desa/ kelurahan dan RT/RW telah dilakukan penanganan upaya memutus rantai Covid-19 ini akan terus kita lakukan sampai wabah covid-19 betul-betul terputus’” Kata Gubernur Rohidin

Hal ini juga dilakukan dengan melakukan penjagaan di pintu masuk Provinsi Bengkulu secata ketat tangkal Covid-19, dengan sigap dan melibatkan Tenaga Medis Kesehatan Pemda Provinsi dan Kabupaten/Kota serta keterlibatan TNI-Polri.

“Kita juga telah membangun posko-posko di perbatasan, melibatkan TNI-Polri dan tenaga medis dalam menjaga pintu-pintu masuk Provinsi Bengkulu dalam menagakal Covid-19,” Jelas Gubernur

Gubernur menambahkan, selain penjagaan pintu masukProvinsi Bengkulu Pemerintahan juga telah mengsosialisasi dan mengedukasi melawan penyebaran Covid-19 juga terus disampaikan ke masyarakat, yang terpenting masyarakat dihimbau untuk menaati arturan pemernitahan pusat.

“Seperti melakukan social distancing dan phisycal distancing (jaga jarak), sering mencuci tangan pakai sabun, menjaga kesehatan diri dan kebersihan lingkungan itu telah kita terapkan kepada masyarakat, dan tidak lupa saya sampaikan agar selalu berdo’a kepada Tuhan YME, supaya selalu mendapatkan perlindungan dan keselamatan dari wabah virus yang sedang melanda ini,”

Juga tampak sebagai narasumber dalam kesempatan itu Kepala BNPB, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Tengah, Gubernur Jawa Timur dan beberapa narasumber lainnya yang berkompeten dibidangnya. (**) (Mc-Kominfotik) Prov.

Related posts

Ubah Kebijakan, Rasmie Hanya Untuk Warga Terdampak Covid-19 Saja

Berita rafflesia

Penyaluran Bantuan Untuk Masjid Di Kota Bengkulu Terus Bergulir

Berita rafflesia

Amien Rais: Partai Ummat Akan Melawan Kezaliman Dan Menegakkan Keadilan

Berita rafflesia

Leave a Comment