Kota Bengkulu Pemerintahan

Gubernur Rohidin Instruksikan Walikota Bengkulu Terkait Kasus Meninggalnya Pasien Covid-19

Kota Bengkulu, Beritarafflesia.com- Pertanggal 31 Maret 2020 Gubernur Rohidin menginstruksikan Walikota Bengkulu Helmi Hasan Terkait dengan adanya kasus meninggal akibat terjangkit virus Corona (Covid-19) yang merupakan jamaah tabliqh di Masjid At Taqwa Kota Bengkulu yang berasal dari Lampung.

Gubernur Rohidin memberikan instruksi kepada Walikota agar sekiranya melakukan isolasi terhadap jamaah yang masih berada di masjid at taqwa, serta memulangkan jamaah tersebut kedaerah asal masing masing, mengingat pulau Sumatra telah masuk zona merah.

Instruksi Nomor 800/506 tahun 2020 ditanda tanggani oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan ditunjukan kepada Walikota Bengkulu memuat 5 point penting diantaranya:

  1. Bersma pihak Kepolisian Lakukan Isolasi dan pemasangan Police Line di Masjid At Taqwa Bengkulu, Jemaah yang berada didalam tidak dibolehkan keluar dan yang diluar tidak dibolehkan masuk, sekaligus melakukan sterilisasi.
  2. Identifikasi dan penelusuran semua orang yang berinteraksi dengan almarhum yang meniggal akibat Covid-19 mulai dari Lampung Menggunakan Bus Putra Rafflesia dan selama tinggal di masjid at taqwa selama dua minggu termasuk perawatan di RS Kota sampai ke RS M.Yunus, Semua nama itu harus di isolasi di satu tempat, siapkan ditempat tersendiri dan lakukan pengawasan 1 kali 24 jam dan tenaga medis melakukan pengawasan kesehatan dan semuanya dilakukan dengan Rapid Test.
  3. Jenazah yang ada di RS M Yunus dilakukan peroses penyelengaraan Jenaza sesuai Protap Kesehatan dan Langsung diserahkan ke Walikota untuk dilakukan peroses pemakaman termasuk menghubungu pihak keluarga di Lampung dan penyelesaian hal hal adminstrasi lainnya menjadi tanggung jawab Walikota Bengkulu.
  4. Meminta dukungan Polda dan seluruh Polres yang ada di Provinsi Bengkulu agar semua Jamaah Tabliqh yang berada di Provinsi Bengkulu yang berasal dari luar Provinsi Bengkulu untuk dipulangkan ke Daerah Asal, Karena pulau Sumatera semua sudah zona merah.
  5. Setelah 15 hari kalau ada yang sakit dengan gejala Covid-19 aga segera lapor untuk di rawat di RS Rujukan dan jika sehat sehat saja dan tidak ada gejala Covid-19 silahkan kembali kerumah masing masing.

Kelima instruksi Gubernur ini agar dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan ketelitian yang tinggi, instruksi ini mulai berlaku pada tanggal yang dikeluarkan yakni (31/03/2020).(Wiro).

Share

Related posts

Ringankan Beban Masyarakat Terdampak Covid-19, GIAN Provinsi Bengkulu Bagikan Sembako

Berita rafflesia

Optimalisasikan Lahan Pertanian, Walikota Helmi Ajukan Bantuan Bibit Ke Dirjen Tanaman Pangan

Berita rafflesia

Rawat Aset Rakyat, Damkar dan DLH Bersihkan Gedung Balai Adat

Berita Rafflesia

Leave a Comment