Gubernur Rohidin Mengaku Banyak Keuntungan Diperoleh Investor Jika Berinvestasi

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah

Bengkulu,Beritarafflesia.com – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengaku banyak keuntungan yang akan diperoleh oleh investor jika berinvestasi di daerah. Salah satunya mendapatkan kepastian hukum dari pemerintah daerah. Sehingga membuat investor lebih nyaman berinvestasi tanpa terganggu dengan aturan yang memberatkan.

“Pertama, dari sisi tata ruang wilayah kami menjamin penataan ruang yang benar dan memiliki kepastian hukum bagi investor. Artinya, setiap kawasan investasi sudah sesuai dengan peruntukannya,” ucap Gubernur Rohidin Mersyah.

Kedua dari sisi perizinan. Rohidin Mersyah memastikan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Provinsi Bengkulu menerapkan pendekatan digital dan perizinan online.

“Jadi, ketika orang ingin berinvestasi, maka hari itu juga dan saat itu juga bisa keluar Nomor Induk Berusaha (NIB) dan pengurusan izin yang lain,” kata Rohidin.

Ketiga, pemerintah provinsi Bengkulu telah menyediakan peta data informasi investasi dalam bentuk hardcopy and softcopy. Data itu berisi investasi apa saja di sektor perkebunan, kelautan perikanan, pertambangan, dan pariwisata.

Keunggulan Provinsi Bengkulu yang menguntungkan investor, menurut Rohidin Mersyah, adalah ketersediaan sumber daya listrik. “Bengkulu itu over-supply listrik dan kami punya jaringan yang memadai,” katanya.

”Kami punya pembangkit listrik yang besar, ramah lingkungan, dan sudah memasok ke wilayah Sumatera yang lain. Saya kira ini posisi penting bagi pengembangan investasi,” tutur Rohidin.

Perihal infrastruktur, Rohidin Mersyah menyampaikan jalur darat, laut, dan udara yang mumpuni bagi lalu lintas orang dan barang, dari dan ke Bengkulu. Pada transportasi laut, terdapat pelabuhan di Pulau Baai yang berhadapan dengan Samudera Hindia.

Artinya, para pengusaha yang ingin langsung mengekspor produknya bisa masuk ke perairan internasional dan langsung menuju negara lain di bagian barat Indonesia, seperti India dan Afrika.

Untuk transportasi udara, terdapat Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu. Bagi investor dari Jakarta yang ingin datang ke Bengkulu, dapat pergi pagi dan kembali pada sore hari dengan waktu tempuh pesawat sekitar 50 menit. Mengenai transportasi darat, Rohidin mengatakan, pemerintah sudah membangun Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bengkulu.

Satu lagi yang tak kalah penting bagi investor adalah keamanan dan ketertiban masyarakat. “Kondisi keamanan dan ketertiban di Bengkulu sangat terjaga,” ucapnya.

Selamat datang calon investor di Bengkulu. Dengan sistem yang lebih mudah dan digitalisasi, kami menjamin masyarakat yang welcome dan ramah sehingga proses investasi bisa berjalan dengan baik.(ADV)