Mukomuko

Harga sawit di Mukomuko Tembus Rp2.010/kilogram

Mukomuko, Beritarafflesia.com- Kabar gembira khususnya bagi para petani tandan buah segar (TBS) kelapa sawit Kabupaten Mukomuko, pasalnya harga pembelian tandan buah segar oleh pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu saat ini hampir menembus harga sebesar Rp2.000/kilogram.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto dalam keterangannya di Mukomuko.

“Harga TBS sawit di sebagian pabrik minyak kelapa sawit naik sebesar Rp30-Rp40 per kilogram. Harga tertinggi di PT USM sebesar Rp1.970/kilogram, harga tersebut hampir menembus Rp2.000 per kg,” Ujar Sudianto.

Ia mengatakan hal itu setelah menerima data perkembangan harga tandan buah segar kelapa sawit pada tanggal 15 Februari 2021 dari sebanyak 10 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.

Ia mengatakan, harga pembelian tandan buah segar oleh sebagian pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya diduga karena pengaruh kenaikan harga minyak mentah kelapa sawit atau CPO.

“Kalau harga CPO dunia mengalami penurunan, maka secara otomatis harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh pabrik di daerah ini juga mengalami penurunan,” ujarnya pula.

Ia menyebutkan, sebagian pabrik yang membeli TBS kelapa sawit milik petani setempat dengan harga lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, yakni harga sawit di PT KSM naik dari sebesar Rp1.760 per kg menjadi Rp1.790 per kg, harga sawit di PT MMIL naik dari sebesar Rp1.760/kg menjadi Rp1.790 per kg, harga sawit di PT SSS naik dari sebesar Rp1.750/kg menjadi Rp1.780 per kg.

Harga sawit di PT SAP naik dari sebesar Rp1.750/kg menjadi Rp1.780/kg, harga sawit di PT DDP naik dari sebesar Rp1.790/kg menjadi Rp1.820 per kg, harga sawit di PT USM naik dari sebesar Rp1.900/kg menjadi Rp1.970 per kg

Sedangkan harga sawit di empat pabrik di daerah ini sejak beberapa hari terakhir masih stabil, yakni harga sawit di PT SSJA sebesar Rp1.750 per kg, PT KAS sebesar Rp1.730 per kg, harga sawit di PT BMK sebesar Rp1.870/kg dan PT GSS Rp1.840 per kg. (Byg)

Share

Related posts

Larikan Anak Dibawah Umur, Pemuda MM Ditangkap Polisi

Berita Rafflesia

Pospol XIV Koto Bersama Pemdes Semprot Disinfektan di Tempat Umum Sembari Himbau Prokes Covid-19

Berita rafflesia

Ops Gaktiblin, Propam Polda Bengkulu Turunkan Tim di Polres Mukomuko

Berita rafflesia

Leave a Comment