advertorial IAIN KOLOM KAMPUS

IAIN Selengarakan Sidang Promosi Doktor, 2 Mahasiswa Dapatkan Hasil Cum Laude

Bengkulu, Beritarafflesia.com– IAIN Bengkulu mengadakan sidang akhir gelar Doktor Program Studi Pendidikan Agama Islam, Kemarin (28/02/2020), Bertempat di Ruang Sidang Promosi Doktor IAIN Bengkulu.

Sidang Perdana Promisi Doktor ini diketua oleh Prof Sirajudin, Wakil Ketua Dr Rohimin M Ag, Penguji 1 Dr Zulkarnain Dali M Pd, Penguji 2 Dr Samsudin M Pd, Penguji 3 Dr Al Fauzan M Ag, Penguji 4 Prof Dr Rahmad Nusa Songko M Pd, Penguji Eksternal Prof Dr Irwan Abdulah, Promotor Prof Dr H Abdulah Aidi, Co Promotor Dr Zubaidi M Ag, M Pd, Sekertaris Dr Qolby Hairi M Pd.

2 Mahasiswa Program Pascasarjana sukses mendapatkan gelar Doktor dengan Hasil Cum Laude, Hendi Kariyanto M Pd dengan judul Desertasi “Pengaruh Motivasi Belajar, Kedisiplinan Siswa dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Negeri 2 Pagar Alam”. Hj Asiyah M Pd degan Judul Desertasi

” Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Alamiah Dasar Terintegrasi Nilai-Nilai Islam di Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu”.

Rektor Prof Sirajuddin pada kesempatan mengatakan, pihaknya terus mendorong para mahasiswa program doktor untuk segera menyelesaikan gelarnya karena memang kedepan untuk menjadi dosen minimal berpendidikan bergelar doktor,” ucap Sirajudin.

Prof Sirajuddin berharap kedepan dengan banyaknya lulusan doktor akan memperkuat posisi IAIN menuju UIN benar-benar mutlak dan ini merupakan persiapan secara matang,

” Dengan menyiapkan program kedokteran yang disipliner sehingga dapat mengaitkan Islam dengan ilmu-ilmu lain, serta untuk dosen-dosen besar kita dapat mendatangkan tim penguji dari Guru-Guru Besar dari Universitas lain. Untuk fasilitas kita akan utamakan dalam waktu dekat untuk menyiapkan laboratorium serta kebutuhan dalam mendukung program doktor ini” Lanjut Prof Sirajuddin.

Memang sebelumnya telah dilakukan beberapa tahap yaitu, melewati serangkaian Ujian Proposal, Ujian Terbuka, Ujian Tertutup, dan Ujian Hasil.

Dalam penelitian ini setidaknya mahasiswa menganalisis mengenai proses belajar yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, bertujuan agar mahasiswa dapat memahami bahwa ilmu pengetahuan, bersumber pada Al Qur’an , nilai-nilai keislaman didalam proses belajar yaitu aspek dari keimanan, ketaqwaan, akhlak mulia, cerdas dan mandiri.

Sebagai mahasiswa yang baru saja lulus dan bergelar doktor, Hj Asiyah M Pd, menyampaikan rasa syukur,

“Alhamdulillah, setelah mengikuti prosesnya kurang lebih 2,5 tahun, di semester lima ini, saya sangat bersyukur dan banyak mengucap terimkasih kepada keluarga, rekan-rekan yang sudah mendukung, mendokan saya, semoga kedepan, hasil dari penelitian ini bisa diimplementasikan dan berguna untuk kita semua,”Sampainya.Adv(Rian)

 

Share this:

Related posts

Paripurna DPRD Kota Bengkulu Dengan Agenda Nota Pengantar Raperda LPj Pelaksanaan APBD 2019

Berita rafflesia

Gubernur Rohidin Gerak Cepat Cari Solusi Perdamaian Konflik Nelayan Tradisional dan Modern

Berita rafflesia

Paripurna DPRD Seluma, Agenda Pembukaan Masa Sidang ke- II Tahun 2020/2021

Berita rafflesia

Leave a Comment