Kota Bengkulu Pemerintahan

Ikatan Dokter Indonesia Pastikan 97 Persen Virus Corona Dapat Sembuh

Beritarafflesia.com- Wabah virus Corona yang baru-baru ini telah menjangkit Warga Negara Indonesia, menambah daftar kewaspadaan bagi Pemerintah serta seluruh kalangan Masyarakat Indonesia. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta masyarakat tak perlu panik yang berlebih pada wabah virus corona hingga menimbun masker dan sembako. Pasalnya, kemungkinan sembuh dari virus corona Covid-19 ini hampir 97 persen.

Kasus virus corona di Indonesia pun telah menemukan titik terang, dengan adanya dua orang yang telah dinyatakan sembuh.

Berdasarkan Pernyataan juru bicara Pemerintah khusus penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, (11/03/2020) terdapat 2 pasien yang sembuh, yaitu nomor 06 dan nomor 14. Dua pasien yang sembuh itu akan disiapkan untuk dipulangkan.

“Penyakit ini jangan disamakan dengan flu burung yang memiliki angka kematian tinggi. COVID-19 gejala klinisnya ringan, data yang meninggal 3 persen, kemungkinan sembuhnya 97 persen,” jelas Erlina ditemui di Kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI), ditulis Jumat (06/03/2020).

Disampaikan Erlina, virus corona memiliki gejala klinis yang bervariasi dengan tingkatan ringan. Gejala klinis yang berat terjadi pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, pada lansia dan dengan penyakit penyerta.

“Virus corona ini merupakan self limiting disease (penyakit yang bisa sembuh sendiri) dengan mengandalkan perlawanan sistem imun, jadi bisa diatasi dengan sistem imunitas tubuh,” tutur Erlina.

Erlina menambahkan “Definisi sembuh dilakukan dengan pemeriksaan PCR yang menunjukkan negatif 2 kali berturut-turut. Kalau sampai keduanya dicek negatif. Berarti tidak ada lagi virus di saluran pernapasan,” Erlina melanjutkan.

Meski belum terdapat obat dan antivirus, pasien dengan positif corona dapat sembuh dengan pengobatan terapi simtomatik dan suportif yakni pengobatan untuk mengurangi gejala dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Data WHO (3/3) yang dilansir dari CNN Indonesia, menunjukkan angka kematian karena virus corona sebesar 3,4 persen. Catatan sementara berdasar data realtime yang dikumpulkan John Hopkins University terhitung Kamis (05/03/2020) dari 95.748 kasus, sebanyak 56 persen atau 53.423 kasus dinyatakan sembuh.(Rian)

 

Share this:

Related posts

Situasi Pandemi Corona: MUI Izinkan Warga Tarawih di Masjid

Berita rafflesia

Pemkab Bengkulu Utara Terima Bantuan dari Bank Indonesia

Berita rafflesia

Sekda Hamka: Tim Kemitraan PERJAKA Dorong Optimalisasi Jaminan Kesehatan Pekerja Perusahaan Swasta

Berita rafflesia

Leave a Comment