Jelang Pemilu, Pemkot Pastikan Blangko E-KTP Bagi Pemula Aman

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu memastikan ketersediaan blangko KTP elektronik (e-KTP) bagi pemilih pemula menjelang Pemilu 2024 aman.

Ini lantaran Disdukcapil Kota menerima 3 ribu keping blangko KTP elektronik dari pemerintah pusat. Untuk itu, dengan adanya penambahan blangko tersebut, Disdukcapil terus melakukan perekaman terhadap pemilih pemula

“Dengan tambahan blangko ini tentu bisa mencukupi pencetakan KTP elektronik yang sekarang ini terus kita kebut terkhusus bgi pemilih pemula atau yang berusia 17 tahun di Kota Bengkulu,” ujar Kepala Disdukcapil Widodo, Selasa (16/1).

Kemudian, ketersediaan ribbon atau tinta pencetakan KTP elektronik di Kota Bengkulu juga dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Total saat ini ada 4 ribu blanko karena ditambah stok yang lama. Kami tetap melakukan layanan jemput bola dengan mendatangi masyarakat, seperti melakukan jemput bola dilakukan ke sekolah-sekolah, lansia dan lembaga pemasyarakatan,” jelasnya.

Sebagai informasi, sejak Januari hingga Desember 2023, sebanyak 13.700 warga Kota Bengkulu telah memiliki KTP digital.

Pada 2024, Dukcapil berharap masyarakat menggunakan KTP digital dan penggunaan KTP elektronik akan ditinggalkan karena sudah menggunakan sistem scan barcode.

Maka dari itu, seluruh masyarakat wajib KTP diimbau untuk melakukan pembaruan kartu identitas dengan melakukan perekaman identitas kependudukan digital (IKD) atau KTP digital.

Untuk masyarakat yang ingin mengganti KTP karena rusak atau pun tambah data, akan diarahkan untuk aktivitas identitas kependudukan digital.(BR1)