Advotarial Kominfo provinsi

Ka. Kwarda 07 Bengkulu: Kontribusi Gerakan Pramuka dalam Kebencanaan Wajib Berada di Garda Terdepan

Ka. Kwarda 07 Bengkulu: Kontribusi Gerakan Pramuka dalam Kebencanaan Wajib Berada di Garda Terdepan

Bengkulu,Beritarafflesia.com- Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 07 Gerakan Pramuka Bengkulu menjadi Narasumber Utama Dialog Luar Studio Tanggap Bencana bertajuk ”Kontribusi Gerakan Pramuka Dalam Kebencanaan” LPP RRI Bengkulu, di Sekretariat Kwarda 07 Bengkulu, (06/12)

Dijelaskan Ka. Kwarda 07 Bengkulu Hamka Sabri, dalam Gerakan Pramuka itu terdapat tim tanggap bencana. Sehingga jika terjadi bencana di Provinsi Bengkulu bahkan luar Bengkulu, Pramuka siap melaksanakan tugas kemanusiaan tanggap bencana.

Ka. Kwarda 07 Bengkulu: Kontribusi Gerakan Pramuka dalam Kebencanaan Wajib Berada di Garda Terdepan

“Karena Pramuka ini di mana-mana ada kepengurusannya mulai dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan hingga ke sekolah-sekolah itu ada kepengurusan dan anggotanya. Dan Pramuka selalu berada di garda terdepan melaksanakan tanggap bencana,” jelas Hamka Sabri yang juga menjabat sebagai Sekda provinsi Bengkulu.

Selain itu lanjut Kak Hamka, Gerakan Pramuka juga memiliki “Bumbung Kemanusiaan”, yang berguna untuk mengumpulkan donasi bencana kemudian disampaikan kepada korban bencana yang bersangkutan.

“Kalau dulu itu dalam bentuk celengan. Tapi sekarang karena ini sudah maju teknologinya, maka Pramuka mulai membuka rekening Bumbung Kemanusiaan, yang nantinya akan disalurkan ke tempat-tempat bencana,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu Atisar Sulaiman menyebutkan, dalam hal penyediaan sarana prasarana dan operasional, Gerakan Pramuka Kwarda Bengkulu mendapatkan dukungan anggaran dari Pemprov Bengkulu, begitu juga Kwarcab Pramuka di tingkat kabupaten/kota.

“Terkait anggaran operasional, dana hibah disalurkan melalui Dispora Provinsi Bengkulu. Sama halnya di tingkat kabupaten/kota. Termasuk support anggaran terkait pelaksanaan Kemah Bela Negara tingkat nasional di Provinsi Bengkulu, yang dipusatkan pelaksanaannya di Kabupaten Seluma dan Bengkulu Tengah,” sebutnya.(BR1)adv

Share

Related posts

Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem,Ā Dinas PMD Provinsi Ikuti Rapat Koordinasi Bersama Pemprov

Berita rafflesia

Rakor Perdana Bersama Seluruh Pejabat Eselon, ini Arahan Gubernur Rohidin dan Wagub Rosjonsyah

Berita rafflesia

Sedekah Rp 2000/Hari, Tujuan Mulia Walikota Helmi Bantu Warga Dengan Kebutuhan Mendesak

Berita rafflesia

Leave a Comment