Kepahiang Pemerintahan

Kades Babakan, Bangun Aula Padat Karya Tunai Guna Penanganan Covid-19

Kepahiang, Beritarafflesia.com- Pemerintah terus berupaya menjaga kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah kebijakan tanggap darurat pandemi Covid-19. Selain menyiapkan jaring pengaman sosial, pemerintah juga menyiapkan program padat karya tunai desa. Program ini ditujukan untuk menjaga daya beli masyarakat, khususnya masyarakat miskin di pedesaan.

Pemerintahan Desa melalui Kepala Desa Babakan Bogor Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, mulai melaksanakan pembangunan Aula Padat karya Tunai Untuk Penangulangan Covid-19 dengan menanfaatkan Anggaran Dana Desa. Senin (11/05/2020).

“Pengerjaan aula padat karya tunai ini sudah mulai masuk ke tahap pembangunan pondasi, sesuai instruksi Presiden RI kami segera mempercepat pembangunan untuk penanganan dampak Covid-19,” Ucap Kepala Desa Babakan Bogor, Giran.

Menurut Kades Babakan, Giran, pemanfaatan dana desa dalam situasi saat ini dapat dimanfaatkan untuk dua hal, yaitu sebagai bantuan sosial bagi warga terdampak serta sebagai membangun program padat karya tunai di desa seperti ini.

“Ini adalah keadaan yang tidak normal dan masyarakat pada posisi yang sulit. Oleh sebab itu, memperbanyak program-program padat karya tunai adalah menjadi kewajiban semua, lembaga, dan daerah,” Ujar Kades.

Padat karya tunai ini sangat mendukung ekonomi produktif desa yang bertujuan untuk menjaga pendapatan masyarakat desa dan mendukung aktifitas produksi pangan untuk ketahanan pangan di masa pandemi ini,” Ucap Giran.

Selain untuk menjaga kehidupan ekonomi masyarakat desa, menurut Giran kegiatan program padat karya tunai juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung pencegahan dan penanganan Covid-19 di desa.

“Kegiatan yang dilakukan bisa untuk mendukung pencegahan dan penanganan Covid-19 di desa seperti pengelolaan air bersih, wastafel desa untuk cuci tangan, ruang karantina untuk ODP, pembuatan masker, hand sanitizer, dan sebagainya,” tutup Giran. (Renki)

Share

Related posts

Gubernur Rohidin Resmi Melantik Mian-Arie Sebagai Bupati dan Wabup BU

Berita rafflesia

Akan Hadir Disetiap Kecamatan Benteng, Forum CSR dan Pemkab adakan Pasar Murah

Berita rafflesia

Jelang Idul Adha, Dispangtan Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Berita rafflesia

Leave a Comment