Kapolda Bengkulu Pimpin Langsung Tradisi Cuci Pataka, Menuju Hari Bhayangkara Ke-77

Bengkulu,Beritarafflesia.Com– Polda Bengkulu menggelar acara tradisi pencucian Pataka pada Rabu (21/06/2023) di Aula adem Polda Bengkulu . Tradisi ini merupakan simbol pemuliaan nilia-nilai luhur yang terkandung dalam pataka ‘waspada Jananuraga’.

Tradisi pencucian Pataka ini memiliki makna memurnikan kembali internalisasi nilai nilai luhur yang tertuang dalam Tribrata.

Acara pencucian ini dipimpin langsung oleh Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Drs. Armed Wijaya, MH dan dihadiri oleh pejabat utama Polda Bengkulu beserta perwakilan anggota dan ASN Polda Bengkulu

Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Anuardi, S.I.K., M.Si., CPHR usai pelaksanaan Upacara menjelaskan Pataka Jananuraga adalah Panji Pemersatu berbentuk Bendera Kebesaran Polda Bengkulu. Pataka selalu dalam keadaan tertutup dan hanya akan dibuka jika ada kegiatan resmi yang telah ditentukan, dan berdiri tegak setiap saat dengan mencerminkan etos kerja yang berkesinambungan.

“Tepat 1 Juli nanti usia Polri telah memasuki usia ke 77 tahun dimana dalam perjalanan panjang ini usia Polri itulah melewati fase demi fase, sehingga Polri semakin dewasa dalam melaksakan tugas dan pengabdiannya kepada nusa dan bangsa,” jelasnya

Acara yang digelar setahun sekali itu bertujuan untuk mensucikan nilai-nilai luhur dan juga sebagai semangat Polri dalam berkomitmen meraih kepercayaan masyarakat demi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.(BR1)