Kota Bengkulu

Kehadiran Perpustakaan Berbasis Inklusi Ditengah Masyarakat

Bengkulu, Beritarafflesia.com- Dalam upaya meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan serta upaya perpustakaan meningkatkan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Pusat melalui kementerian PPN/Bappenas mulai dari tahun 2018 telah menetapkan kebijakan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu bertransformasi melalui Program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial tetap melakukan inovasi. Salah satunya dengan meningkatkan perpustakaan di setiap desa di provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Perpustakaan H.Meri Sasdi Jantan.Mpd melalui Plt Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pemberdayaan Kegemran Membaca, Adri Westi, S.Sos.MM mengatakan Perpustakaan merupakan wadah edukasi masyarakat dimana perpustakaan dilaksanakan berdasarkan pembelajaran sepanjang hayat demokrasi, keadilan perpustakaan, keterbukaan dan kemitraan.

“Perpustakaan bukan hanya sebagai pusat informasi tetapi bertransformasi tempat penyelenggaraan kegiatan masyarakat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat paradigma tentang perpustakaan dirubah dengan adanya transformasi bukan hanya tempat menyimpan buku tetapi masyarakat dapat memanfaatkan perpustakaan untuk berbagai pengalaman dan melatih keterampilan agar memperoleh ke arah pengetahuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Jelasnya . Kamis (2/07/20)

Selain itu, menurutnya perpustakaan bisa menjadi sinergitas kegiatan kemasyarakatan di daerah (Desa/Kelurahan) dalam rangka mendukung pemerintah pusat Provinsi Bengkulu telah menetapkan kebijakan tentang transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Provinsi Bengkulu melalui peraturan Gubernur Bengkulu No 30 Tahun 2019.

“Selain sebagai wadah informasi perpustakaan juga dapat membangun kerjasama antar masyarakat, melalui program perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial kapasitas Perpustakaan di setiap desa dapat membantu kegiatan masyarakat, seperti bercocok tanam jika masyarakat kurang paham bisa membaca buku pertanian di perpustakaan,” ungkapnya.

Dirinya berharap kehadiran perpustakaan di setiap desa dapat bermanfaat oleh masyarakat. (S.Hayadi).

Share

Related posts

Hadiri Takziah, Wawali Serahkan Akta Kematian Warga Jalan Musium

Berita rafflesia

Hulubalang Barbagi, Salurkan Beras dan Uang Santunan Kepada Warga Kota Bengkulu

Berita rafflesia

Pemasangan 200 PJU Memberikan Manfaat Untuk Masyarakat

Berita rafflesia

Leave a Comment