Kembali Mekar, Kabid Humas Polda Bengkulu Himbau Wisatawan Untuk Tidak Rusak Rafflesia Arnoldi

Bunga Rafflesia Arnoldi Kembali Mekar Di Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah

Beritarafflesia.com – Salah satu icon Provinsi Bengkulu, Bunga Rafflesia telah mekar sempurna di Desa Wisata Penembang, Merigi Kelindang, Kabupaten Bengkulu Tengah. Informasi ini disampaikan oleh BKSDA Bengkulu melalui akun instagramnya @BKSDA_Bengkulu.

“Mekar dengan sempurna hari ini Sabtu 25 Juni 2022 Bunga Rafflesia di Desa Wisata Penembang. Terdapat dua bunga Rafflesia yang sedang mekar sempurna, dengan jarak yang berdekatan,” tulis akun instagram @BKSDA_Bengkulu dalam postingannya.

Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Agung Wicaksono, melalui Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol. Sudarno, menyampaikan kepada seluruh masyarakat khususnya provinsi Bengkulu untuk bersama-sama menjaga bunga kebanggaan provinsi Bengkulu tersebut. Ia menghimbau untuk para wisatawan atau masyarakat yang melihat bunga Rafflesia, untuk tidak menyentuh apalagi merusak.

“Ayo sama-sama menjaga dan menikmati keindahan bunga terbesar di dunia itu,” ungkap Kombes Pol Sudarno.

Bunga Rafflesia hanya bertahan mekar selama sepekan dan akan membusuk. Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan oleh Dr. Joseph Arnold dan Sir Thomas Stamford Raffles pada 1818 di hutan tropis Sumatera. 

Di seluruh dunia, diperkirakan ada 33 spesies bunga Rafflesia. 14 spesies diantaranya tumbuh di Indonesia, dan 11 jenisnya tumbuh di Pulau Sumatera.