Provinsi Bengkulu

Kembangkan Budidaya Tanaman Porang, Bung Yogi Siap Bangun Pabrik Di Bengkulu

Bung Yogi menunjukkan hasil tanaman porang di pabrik pengolahan chips porang di purwokerto  Pt.Serayu Agro Processing.

Bengkulu,Beritaraffesia.com- Sejarah PORANG adalah yang membawa Mr Masaharu Ishii pindah ke Surabaya. Sebagai bekas tentara Jepang yang  menjadi warga negara indonesia (WNI) berdomisili di Medan sumatra utara, Ishii dianggap punya network di Indonesia.

Ketika Jepang memerlukan bahan baku dari Indonesia, Ishii dihubungi agar mencarikan umbi porang dari Indonesia.

Di Jepang literatur tentang porang sudah banyak, dan Porang ini  juga tumbuh dengan baik di negara jepang. Dengan susah payah saat Musim salju umbi porang itu diungsikan ke gudang, sehingga ketika musim salju sudah selesai umbi tersebut kemudian ditanam lagi.

Ternyata di Jepang sudah memiliki profesor ahli porang literatur,dan tanaman porang ini juga sudah banyak tanam di Jawa Timur.

  1. 1 Hektar bisa tanam 40.000 Pohon Porang
  2. Harga Bibit Katak berkisar 100-300 Ribu Per Kg
  3. Ada 4 jenis bibit ( Bibit Katak, Bibit Umbi, Bibit Spora, & Kultur Jaringan)
  4. Modal Per Hektar berkisar 50 – 150 Juta tergantung bibit
  5. Umur Panen 1-3 Tahun, semakin lama di panen makin bagus
  6. Harga porang basa 7.000 – 8.500
  7. Harga Chips porang jemur matahari ( 50.000-60.000)
  8. Harga Chips porang Oven (70.000-80.000)
  9. Hasil panen per hektar berkisar 250.000.000-1.000.000.000
  10. Keuntungan didapat dari hasil umbi dan katak

Saat ini Bung Yogi putra Bengkulu yang merupakan sebagai pengusaha walet,  telah membuka pabrik pengolahan chips porang di purwokerto dengan nama Pt.Serayu Agro Processing. Dan kemudian taanaman porang ini akan di kembangkan diwilayah Bengkulu, sekaligus membuka pabrik untuk menampung hasil tanaman porang dari petani Bengkulu.

Selain memiliki pabrik pengolahan porang, Bung Yogi bersama tim sudah memiliki perusahaan penyedia bibit porang, dan perusahaan penyedia mesin pengolahan chips porang, bekerjasama dengan lembaga pendampingan atau konsultan budidaya porang.

“ Jadi petani tidak perlu takut tanam porang, karena ekosistem bisnisnya sudah lengkap dari hulu hingga hillirnya. Perusahaan Pt.Serayu Agro Processing juga siap menerbitkan PO untuk menjamin pasar hasil panen petani, baik porang basa maupun chips.” Terang Bung Yogi kepada media ini,kamis (27/5/2021)

Bung yogi juga berharap agar program porang ini bisa bersinergi dengan pemerintah provinsi Bengkulu sehingga bisa menjadi solusi kebangkitan ekonomi bengkulu dan meningkatkan kesejahteraan petani Bengkulu.

 “ Untuk mengembangkan usaha tanaman jenis Porang ini nanti kami dari  Pt.Serayu Agro Processing siap bekerjasama dengan pemerintah provinsi Bengkulu untuk mengelolah dan memberikan kontribusi sebagai pendapatan asli daerah. Kemudian kami juga siap untuk menerima siapapun yang ingin berkunjung atau belajar langsung ke pabrik kami” Tutup Bung Yogi.

 

Share

Related posts

Sekda Hamka Hadiri Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Ke-22

Berita rafflesia

Kane Food, Sentra Kuliner Baru di Bengkulu Resmi di Launchingkan

Berita rafflesia

DWP Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Ikuti Acara Launching Virtual Peduli Bencana

Berita rafflesia

Leave a Comment