Kemenkominfo RI Survei Lokasi Blank Spot di Bengkulu Selatan, Janji Bangun BTS di Lokasi Ini

Kemenkominfo RI Survei Lokasi Blank Spot di Bengkulu Selatan, Janji Bangun BTS di Lokasi Ini

BENGKULU SELATAN,Beritarafflesia.Com – Keluhan masyarakat soal daerah yang masih blank spot atau belum ada sinyal di empat wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan akhirnya direspon.

Pemkab Bengkulu Selatan bersama Tim Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI telah melakukan survei ke lokasi wilayah yang masih susah mendapat sinyal Handphone (Hp).

Keempat wilayah yang disurvei Tim Kemenkominfo RI yakni Desa Ganjuh dan Desa Puding Kecamatan Pino, Desa Jeranglah Rendah Kecamatan Manna serta Desa Telagau Dalam Kecamatan Pino Raya.

Kadis Kominfo Bengkulu Selatan Ir. Susmanto, MM mengatakan, dari hasil survei tersebut, Tim Kemenkominfo RI berjanji akan segera melakukan pembangunan tower Base Transceiver Station (BTS) atau penyedia jasa layanan telekomunikasi seluler. Bahkan, pembangunan tower di empat titik tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini.

“Benar, tahun 2023 Pemkab Bengkulu Selatan kembali mengusulkan empat titik tower komunikasi. Mudah-mudahan usulan tersebut terakomodir dan tidak ada lagi desa yang tidak ada sinyal. Survei juga sudah dilakukan oleh tim dari Kominfo RI,” kata Susmanto.

Peninjauan dan survei lokasi yang dilakukan oleh Tim Kemenkominfo RI ini merupakan tindak lanjut atas usulan ke Kementerian Kominfo RI yang telah disampaikan pada bulan Oktober 2022.

Sesuai usulan, pihaknya meminta agar pemerintah pusat membuka akses masuknya sinyal seluler di keempat desa tersebut.

“Karena berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Kominfo RI, di wilayah empat desa tersebutlah yang paling dianggap urgen untuk memperoleh kemerdekaan signal,” ungkap Susmanto.

Kades Ganjuh Kecamatan Pino Yayan Maryadi mengucapkan, rasa terima kasihnya kepada Pemkab Bengkulu Selatan yang telah memperjuangkan kemerdekaan sinyal Hp di wilayahnya.

Selama ini masyarakat di desanya sangat sulit untuk mendapatkan sinyal.

Berdasarkan hasil survei Tim Kemenkominfo RI, tower BTS di desanya akan dibangun di bagian pedalaman desa di dekat Sungai Air Nelengau.

“Iya, kalau tower BTS akan dibangun di ujung Desa Ganjuh dekat Sungai Air Nelengau. Kalau di Dusun Padang Jau hanya akan diperkuat jaringannya saja,” jelas kades.(BR1)Adv