Ketua Komisi II DPRD Prov Jonaidi SP,Kembali Ingatkan Netralitas ASN Jelang Pemilu 2024

Bengkulu,Beritarafflesia.Com-Ketua Komis II DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi SP kembali mengingatkan soal netralitas ASN menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

ASN sebagai pelayan publik tidak boleh memihak salah satu calon tertentu, demi melahirkan Pesta Demokrasi yang berintegritas.

Ia menegaskan bahwa ASN memang mempunyai hak memilih. Kendati begitu, ASN tidak boleh mengungkapkan pilihannya, apalagi mengajak orang lain untuk mendukung pilihannya.

“Sebagai pelayan publik, ASN harus netral. Jangan sampai ikut dalam politik praktis,” ujarnya

Anggota DPRD Provinsi Seluma Dapil Seluma ini juga berharap, ASN di Provinsi Bengkulu dapat semakin meningkatkan netralitas dan profesionalisme dalam bekerja. 

ASN harus tetap fokus pada tugasnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar mampu menjadi agen perubahan demi kemajuan Provinsi Bengkulu.

“Penting untuk menjaga profesionalisme serta netralitas ASN, demi menjaga independensi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik,” jelasnya. 

“Sanksinya bisa berupa teguran lisan, teguran tertulis, penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun, penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama satu tahun, atau pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil,” pungkasnya.(BR1)adv